PS3 Tak Tergeser

MALANG- Meski kini dijejali banyak pilihan konsol permainan super canggih, seperti Xbox 360, NDS ataupun Wii, tetap saja PS3 masih menjadi primadona. Begitu game-game anyar dirilis, pemburunya rata-rata adalah pengguna PS3. Sebut saja game yang tengah booming saat ini seperti PES 2013, Medal of Honor, Sleeping Dog atau FIFA 2013. Lantas, apa yang membuat piranti seharga Rp 3,5 jutaan ini masih merajai pasar konsol game di Indonesia?
Riswan Nurdiansyah, Marketing Super Game Mall Olympic Garden (MOG) mengatakan, penjualan PS3 terdongkrak reputasi brand Playstation yang langsung mendunia sejak dekade 1990an. “Merk Sony sudah dikenal masyarakat dunia secara luas sebagai produk high end. Begitu pula dengan produk game mereka. Orang pun terus terbawa anggapan itu, karena Playstation terus menunjukkan kualitasnya,” bebernya kepada Malang Post.  
Masa hidup Playstation sangat dihargai oleh Sony. Bisa kita lihat konsol PS2 yang hingga kini masih bertahan masa hidupnya dengan mendapat support game-game terbaru. Bandingkan dengan konsol pesaing yang segera mengumumkan kematian konsol lamanya begitu konsol barunya dirilis.
PS3 di-support banyak developer terkemuka dengan game-game andalan mereka. Terdapat jajaran judul best seller yang melegenda dalam dunia video game juga terdapat beberapa judul baru yang menarik serta inovatif dalam pengembangan gameplay dan graphic-nya. “Setiap game baru selalu disesuaikan untuk versi PS3. Mendapatkannya pun mudah,” lanjut Riswan.
Tidak seperti pesaingnya yang memungut biaya tambahan untuk koneksi Multiplayer Online, Sony selaku produsen PS3 memberikan service Multiplayer Online gratis kepada pemilik konsolnya. Tidak sepeser pun uang harus dikeluarkan untuk menikmati jasa layanan ini. Semua game yang memiliki fitur Multiplayer Online bisa langsung terhubung ke server-server Sony di seluruh penjuru dunia.
Konsol PS3 memiliki web browser yang sudah terintegrasi. Pengguna bisa menikmati fitur ini jika terhubung ke jaringan internet. Nantinya, pengguna bisa browsing sembari men-download demo. Sambil melepas lelah sejenak saat bermain game, bisa juga membaca berita terbaru, walktrough, game guide atau beraktivitas di forum Gamexeon. Selain itu, transfer data di PS3 cukup mudah. Baik data itu berupa klip video, gambar atau musik dapat dilakukan dengan mudah. (tom/nda)