Head to Head Samsung Galaxy Note II dan LG Optimus Vu

MALANG- Dengan ukuran layar yang lapang, ponsel berlayar 5 inch kian diburu peminat smartphone. Bukan hanya karena tampilan visualnya yang oke punya, namun smartphone yang kerap disebut phablet ini dipersenjatai beragam fitur mutakhir. Sama-sama memiliki layar 5 inch dengan dimotori prosesor quad core, Samsung Galaxy Note II dan LG Optimus Vu bersaing merebut hati pecinta Android di kelas premium.
Bodi
Optimus Vu dan Galaxy Note II sama-sama memiliki bentang layar yang lapang, namun Optimus Vu menganut aspek raso 4:3 yang berpengaruh pada bentuk bodi yang melebar, berbeda dengan bentuk Note II yang lebih custom.  “Keduanya memiliki material casing plastik yang berpengaruh pada bobot yang ringan,” ujar Andi Prasetya, sales division Global Teleshop Mall Olympic Garden (MOG).
Layar
Layar lapang pada kedua ponsel ini jelas mengakomodir kebutuhan pengguna untuk menonton film atau video. LG Optimus Vuu cukup nyaman dari segi tampilan visual karena menggunakan layar IPS display resolusi 1024x768. Berbeda dengan Note II yang telah memakai layar Amoled dengan Pentile Matrix versi terbaru, yang memungkinkan ketajaman layar lebih maksimal. Bila tampilan antarmuka Vu khas ICS, Note II memiliki antarmuka Touchwiz yanng persis Galaxy S III.
Software
Di sektor software, keduanya memiliki jeroan yang sama superior. Bahkan Note II mengalami peningkatan software dibanding pendahulunya, yakni Note I yang masih dual core. “Vu dan Note II sama-sama diotaki prosesor quad core dengan clock speed yang tak bisa dipandang sebelah mata,” bebernya kepada Malang Post.
Baterai
Untuk mendukung kinerja hardware yang membutuhkan asupan daya besar, Note II dibekali baterai berkekuatan 3100mAh, sedangkan Vu hanya 2100mAh. “Tentu saja karena daya baterai lebih besar, maka Note II lebih awet dibandingkan Vu,” imbuh pria yang akrab disapa Loy ini.
Kamera
Dengan layar yang lapang, tak heran bila keduanya diberi kelebihan di sektor perekam gambar. Keduanya memiliki kamera beresolusi 8 MP dengan beragam settingan di dalamnya. Baik kamera Vu maupun Note II samaa-sama diperkuat LED Flash, autofocus, geotagging, face detection dan ISO. Kualitas foto yang dihasilkan Vu tajam dan cukup detail. Adanya kamera sekunder dapat dimanfaatkan intuk video call dan Skype.
Tambahan
Salah satu fitur andalan dari kedua ponsel ini adalah fitur Note. Sebenarnya, fitur Note mereka sama saja. Pada Note II mengandalkan S Pen, sedangkan Vu memiliki tombol khusus untuk membuka fitur Note. Tombol cepat Note yang dimiliki Vu bernama Quick Clip, berada di bagian atas ponsel untuk masuk ke fitur Quick Memo. Sedangkan pada Note II, terdapat S Pen yang dimana saat dikeluarkan dari slotnya, keluar sebuah panel pada home screen.
Kesimpulan
Secara overall, kedua ponsel menyajikan performa dan kinerja dengan kualitas yang nyaris sejajar. Untuk menentukan pilihan yang cocok, ada baiknya mempertimbangkan desain dan harga yang ditawarkan. LG Optimus seharga Rp 5,9 jutaan memiliki desain yang sedikit melebar sehingga mungkin belum familiar di genggaman. Di sisi lain, Note II memiliki banderol yang lebih mencekik dibanding Vu, yaitu kisaran Rp 7,4 jutaan. (tom/nda)