Unduh BlackBerry 7 Sekarang Juga!

Jakarta - BlackBerry Messenger 7 sudah bisa diunduh. Layanan messaging terbaru dari Research in Motion (RIM) ini membawa sejumlah perubahan.
Seperti diberitakan sebelumnya, BBM 7 menonjolkan fitur panggilan suara via jaringan WiFi. Terdapat juga penambahan fitur lain meski masuk dalam kategori minor. Bagaimana pengalaman mengunduh dan menggunakan BBM 7? Simak penjabaran berikut ini:
1. Download untuk upgrade BlackBerry Messenger ke versi 7 bisa dilakukan melalui toko aplikasi BlackBerry App World secara gratis. Ukuran file yang diunduh sekitar 5 MB. BBM 7 tersedia untuk OS BlackBerry 6 dan versi di atasnya. RIM menjanjikan nantinya bisa juga dipakai di OS 5 meskipun belum diinformasikan kapan tepatnya.
Cepat atau lambatnya download tentu saja tergantung jaringan internet yang digunakan. Disarankan untuk memakai jaringan WiFi jika ingin berjalan lebih lancar. Direkomendasikan pula untuk tidak mengakses aplikasi lain selama download berjalan agar berjalan lancar. Sesudah file terunduh semuanya, pengguna harus merestart BlackBerry untuk mengakses BlackBerry Messenger 7.

2. Sesudah restart dan mengakses aplikasi, BBM 7 masih belum bisa digunakan. Sebab, pengguna diwajibkan untuk mengunduh BlackBerry ID. Proses download BlackBerry ID berjalan lumayan cepat. Jika sudah selesai, pengguna harus memasukkan username dan password.
Kemudian, BlackBerry harus direstart ulang sekali lagi. Jika sudah menyala, maka BlackBerry Messenger 7 sudah bisa digunakan. BlackBery ID ini memang diintegrasikan dengan BlackBerry 7 untuk back up otomatis semua kontak yang ada di BBM. Jadi jikalaupun pengguna ganti perangkat, dengan BlackBerry ID maka kontaknya tetap bisa dimunculkan.
3. Pembaharuan paling menonjol di BlackBerry Messenger 7 adalah panggilan suara melalui jaringan WiFi. Untuk menggunakannya, pengguna tentu saja harus terkoneksi dulu dengan WiFi. Jika sudah terkoneksi, user bisa melakukan panggilan dengan user lain yang juga terhubung WiFi. Bagaimana pengalaman memakainya?
Koneksi bisa dilakukan cukup mudah. Jika panggilan sampai, akan terlihat siapa yang melakukan panggilan dan cukup tekan tombol telepon untuk menerimanya. Ketika sudah terhubung, suara yang terdengar cukup jelas dan tidak ada delay. Lumayan mirip dengan pengalaman menggunakan telepon dari jaringan selular.
User yang sudah terkoneksi dengan jaringan Wi Fi pun bisa teridentifikasi oleh user lain. Yaitu penampakan ikon telepon di sudut kanan atas.

4. Selain voice over Wi Fi dan integrasi dengan BlackBerry ID, hanya sedikit fitur tambahan lain di BlackBerry Messenger 7. Dilihat secara tampilan, tidak ada perubahan dibandingkan generasi sebelumnya. Kecuali tambahan ikon telepon bagi yang terhubung dengan jaringan WiFi.
Kemudian ada penambahan sekitar 16 emoticon baru. Lumayan lah untuk menambah kesenangan kala berkirim pesan BBM. (dtc/nda)