Ancam Galaxy S III

MALANG- Siapa yang tak kepincut memiliki smartphone berdesain mewah dan fitur mutakhir. Berbekal prosesor quad core, kehadiran Lenovo K860 langsung mencuri perhatian begitu dirilis beberapa waktu lalu. Dengan chipset sama dengan Samsung Galaxy S III, phablet berlayar 5 inci dilego dengan harga jauh lebih murah dibandingkan smartphone besutan vendor Korea tersebut.
Dibanderol Rp 3,9 juta, Lenovo K860 layak disebut pesaing Galaxy S III karena otaknya yang cerdas. Lenovo mempersenjatai K860 dengan prosesor quad core berkecepatan 1.4 GHz.  Untuk mendukung proses grafisnya, GPU Mali-400MP telah dibenamkan di dalamnya.
Sedangkan RAM 1GB yang dipadu dengan ruang penyimpanan sebesar 8GB membuat kinerjanya semakin mengesankan. "Dengan spesifikasi CPU yang sama dengan Samsung Galaxy S III, wajar bila Lenovo berani memasang game Asphalt HD sebagai game bawaan," ujar Sanda Dani, Sales Division Global Teleshop kepada Malang Post.
Meski mengusung spesifikasi hardware yang setara dengan Samsung Galaxy S III, K860 ternyata tidak mendukung format video sebanyak Galaxy S III. Untuk memainkan video, pengguna dapat masuk ke galeri atau menggunakan video player bawaan. Namun, kelemahan tersebut bisa ditutupi dengan adanya layar HD IPS yang menawarkan kualitas sangat tajam dan cerah. "Dengan teknologi ini pengguna dapat leluasa dipakai meski di bawah sinar matahari yang terik sekalipun," jelas Sanda.
Untuk memanjakan pengguna, K860 dilengkapi pula dengan OS Android Ice Cream Sandwich (ICS) yang telah mendapat polesan UI besutan Lenovo IdeaDekstop. Dengan IdeaDekstop, pengguna bebas melakukan personalisasi tampilan mulai dari tema, scene hingga ikon pada halaman menu. Uniknya, antarmuka IdeaDekstop yang disematkan pada K860 memberikan pilihan update versi yang terpisah dengan pilihan update OS.
Pengukuran kinerja K860 menggunakan Antutu Benchmark menghasilkan poin yang hanya berselisih tipis dengan Samsung Galaxy S III. Sedangkan tes kinerja dengan Quadrant Standart menempatkannya sebagai salah satu phablet nomor wahid.
Sebagai produk unggulan, Lenovo telah mengemas K860 dengan beragam fitur kelas atas namun dengan harga ramah di kantong. Secara keseluruhan, phablet ini memiliki keunggulan di sisi layar HD IPS 5 inci, prosesor quadcore dan RAM 1GB, antarmuka idea dekstop serta harga yang terjangkau tak sampai Rp 4 jutaan.
Namun, K860 tidak memiliki port HDMI, sistem operasinya masih Android 4.0 ICS, tidak memiliki sensor kompas dan tidak ada apilkasi Office. Padahal fitur HDMI, sensor kompas dan Lenovo Note hadir pada seri P700i yang dilego dengan harga lebih murah. (tom/nda)