Ponsel Pintar Samsung Semakin Terjangkau

MALANG- Gelontoran produk Samsung berbagai tipe membuat vendor asal Negeri Ginseng itu merajai pasar smartphone dan tablet tanah air. Meski terus diminati, penurunan harga menjadi realita yang tak bisa dihindari. Mau tak mau, pabrikan Korea itu memang harus mereduksi harga jual untuk merebut hati masyarakat. "Penurunannya beda-beda. Ada yang Rp 100 ribu-200 ribu saja, sampai ada yang merosot hampir setengah juta dari harga pertama launching," beber Wawan Setyawan, Frontliner Sega Cell Malang Plaza.
Penurunan terbesar ada tipe Galaxy S III yang harus rela pangkas harga hingga Rp 400 ribu. Dari harga Rp 6,475 juta sekarang harganya bertengger di angka Rp 6,075 juta. Padahal saat kali pertama di-launching Juni lalu, harganya tembus hampir Rp 7 juta. Dalam rentang setengah tahun, harganya sudah anjlok Rp 1 juta.
Menurut Wawan, tak mengherankan bila Galaxy S III turun harga, karena Samsung juga punya Galaxy Note II yang berlayar lebar dan sistem operasinya sudah Jelly Bean. Apalagi pesaing sesama Android quad core punya harga lebih murah. Contohnya saja LG Optimus Vu yang dibanderol tak sampai Rp 5,5 juta. Atau pesaing anyar macam Lenovo K860 seharga tak lebih dari Rp 4 juta.
Harga Note II juga terpaksa terjun menjadi Rp 6,9 juta, padahal sebelumnya dilego sekitar Rp 7,2 jutaan. Bahkan saat kali pertama diperkenalkan, phablet berlayar 5.5 inch ini dilepas Rp 7,5 juta.
Galaxy Note juga lengser harga. Sekarang harganya sekitar Rp 5,050 juta. Berbeda hampir Rp 2 jutaan dari Galaxy Note II. Kemungkinan, smartphone berbasis Gingerbread ini akan kembali turun harga mengingat masa edar yang sudah lebih dari setahun. "Selain itu versi OS nya juga sudah ketinggalan dari tipe lain," lanjut Wawan kepada Malang Post.
Bukan hanya seri smartphone, dua tipe tablet yakni Samsung Galaxy Note 10.1 dan Galaxy Tab 10.1 juga tampak mengalami penurunan harga jual. Samsung Galaxy Note 10.1 kini menyentuh harga Rp 6,5 jutaan. Harganya sudah merosot hampir setengah juta lebih sejak launching perdana bulan September. Sedangkan Galaxy Tab 10.1 sekarang dapat dibeli dengan harga Rp 4,6 juta. Wajar memang, karena masa edarnya sudah hampir satu tahun empat bulan. (tom/nda)