BlackBerry ID, Penting Tapi Diremehkan

MALANG - Adanya BlackBerry Messenger (BBM) 7 membuat para pengguna BB mulai beralih ke generasi terbaru BBM tersebut. Meski baru diluncurkan dalam bentuk Beta, tetap saja versi teranyar ini menyuguhkan fitur lebih mutakhir dibandingkan generasi sebelumnya. Namun, sebelum meng-upgrade AppWorld terbaru, ada baiknya pengguna BB memiliki BlackBerry Identity (ID).
Untuk mengakses BlackBerry AppWorl dan Blackberry Protect, setiap pengguna BB memang harus memiliki akun BlackBerry ID. Cara daftar sebenarnya sangat mudah dan gratis. Namun, selama ini banyak yang menyepelekannya. “Banyak orang yang meremehkan BB ID. Kadang saat beli baru, daftar ID-nya minta dibuatkan sehingga data diisi ala kadarnya. Bahkan ada juga yang tidak punya BB ID karena tidak pernah download aplikasi apapun,” terang Iven Agatha, Promotor BlackBerry Malang.
Padahal, keberadaan BB ID sangat penting. Akun ini bakal sangat berarti usai melakukan upgrade aplikasi terbaru, termasuk BBM 7. “Biasanya, setelah upgrade harus restore contact. Bahkan data-data bisa hilang. Di sini fungsi BB ID. Data yang ada sebelumnya bakal otomatis tersimpan. Karena itulah setiap pengguna BB harus ingat betul identitas yang tertulis di ID masing-masing,” bebernya kepada Malang Post.
Dengan BB ID, email setting pengguna semua akan langsung di-save, bukan oleh operator. Jadi saat pengguna mengganti SIM card, maka tidak perlu lagi set up ulang setiap email account di SIM card baru. Cukup dengan log in di AppWorld dengan BB ID yang dimiliki, setelah itu semua setting dan akun email bakal tampil sewaktu pengguna mengganti SIM card dan melakukan aktivasi.
Cara set up BB ID juga tak sulit. Yang pertama, pengguna harus sudah memiliki AppWorld terbaru. Setelah punya, kemudian buka AppWorld lalu klik Create a BlackBerry ID di link layar AppWorld. Begitu muncul tampilan baru di layar, klik I Accept alias menerima syarat dan ketentuan RIM di BlackBerry AppWorld.
Kemudian isi form yang ditampilkan dengan lengkap dan jelas. Awali dengan mengisi data email, pilihan user name dan password. Seperti biasa, password yang diisikan minimum enam karakter. Adapun pengguna diminta untuk membuat pertanyaan khusus sebagai password recovery. Lantas klik Sign Up button.  “Harus diingat betul email apa yang digunakan saat mendaftar. Karena kalau sampai lupa password dan username, perlu mengisi alamat email untuk reset password,” papar Iven lebih lanjut.
Sebagai antisipasi, baiknya pengguna jangan menggunakan email yang diberikan gratis oleh operator. Karena saat mengganti SIM card, bisa jadi email tersebut tidak dapat dipakai lagi sehingga tidak bisa diakses. (tom/nda)