Pilih Wallpaper Standar, Matikan Notifikasi

MALANG- Layaknya BlackBerry yang boros daya, tablet bersistem Android juga terkenal menyedot suplai daya sangat besar. Sekalipun vendor sengaja menyematkan baterai berkapasitas besar, yang mungkin lebih besar dari baterai ponsel, sistem Android mulai dari hardware, software hingga ekosistem yang ada di dalamnya memerlukan asupan energi yang melimpah.
Beberapa cara pun dinilai efektif guna menghemat baterai. Di antaranya dengan melakukan setting cermat di tablet agar baterai bisa bertahan lebih lama. “Pengguna harus pandai-pandai mengatur tiap fungsi, fitur dan aplikasi yang dipakai,” terang Burhan Abdillah, Front Liner Izza Cell Malang.
Menurut Burhan, salah satu cara efektif yang paling mudah dilakukan adalah cermat dalam memilih wallpaper. Untuk menghemat baterai, pastikan menggunakan wallpaper standar. “Jangan pakai wallpaper animasi atau bersifat 3D. Bisa dipilih lewat modus homescreen lalu pilih wallpaper yang ada di menu. Untuk menunya, di setiap tablet tidak sama,” bebernya kepada Malang Post.
Cara lain yang bisa dijadikan alternatif adalah mengatur screen, time out dan brightness. Tak bisa dipungkiri, tampilan active homescreen juga bisa menguras baterai. Maka dari itu,, pengguna Android baiknya memilih setting yang paling standar.
Tak kalah penting adalah mematikan Automatic Updates. Menu ini sebetulnya sangat membantu memantau berbagai fasilitas ataupun fitur, termasuk notifikasi lain yang tak kalah penting. Namun, ada baiknya melakukan pengaturan secara berkala. Di pilihan menu, bisa masuk ke setting lalu pilih pengaturan account dan sync.
Selain itu, mematikan GPS, Bluetooth dan WiFi saat tidak dibutuhkan juga bakal sangat berarti. “Gunakan GPS, Bluetooth dan WiFi saat butuh saja. Karena fitur tersebut menyedot daya baterai cukup besar. Karena GPS akan terkoneksi terus dengan jaringan operator, sedangkan Bluetooth dan WiFi akan terus mencoba mencari koneksi yang tersedia,” papar Burhan lebih rinci.
Jangan lupakan pula mengatur Mobile Network pada smartphone Android. Selain akan terus terkoneksi dengan internet sehingga otomatis menguras pulsa, mengaktifkan mobile network juga mengeruk energi pada baterai. Untuk melakukan setting, bisa masuk menu setting lalu pilih wireless dan networks kemudian mobile networks lantas aktifkan pilihan enable always-on mobile data. (tom/nda)