Android Luruhkan Harga Smartphone

MALANG - Beredarnya varian smartphone Android berimbas pada pergerakan harga yang cukup signifikan. Bukan hanya produk Samsung Galaxy saja yang terpaksa memangkas harga untuk survive, fluktuasi yang sama juga terjadi pada sejumlah varian Sony Xperia mulai dari kelas high end hingga low end.
Dua tipe yang harganya merosot drastis adalah Sony Xperia Acro S dan Xperia ion. Keduanya sekarang dilego sekitar Rp 4,7 Juta. Khusus Acro S, tipe ini sudah anjlok Rp 400 Ribu dari harga awal dilaunching bulan September lalu yaitu Rp 5,1 Juta. Smartphone yang diklaim tahan debu dan tahan air ini prosentase penurunannya sampai 7,8 persen selama beredar tiga bulan belakangan.
Xperia Ion sendiri sudah anjlok sejak diperkenalkan bulan Juli lalu. Kala itu Ion dibanderol Rp 5,5 Juta. Smartphone 4G/LTE pertama Sony ini sudah turun harga Rp 800 Ribuan atau mencapai 14,5 persen. "Sekarang Xperia Ion bisa dibeli seharga Rp 4,7 Juta," ujar Sindy Meyrilda, promotor Sony Malang.
Pada Sony Xperia SL dan Xperia P juga kerap memangkas harga. Tapi pergeserannya cukup tipis. Xperia SL kini dibanderol Rp 4,25 Juta. Sedangkan Xperia P menyetuh level Rp 3,3 Juta. Melihat harga rilisnya, tren penurunan Xperia P mencapai 24,4 persen dari harga awalnya yaitu Rp 4,299. Penurunannya hampir sejuta lebih.
Tiap pekannya, Xperia U termasuk yang rajin berubah harga. Saat ini, Xperia U dilego di angka Rp 2,125 juta, lebih rendah dibandingkan pekan lalu yang masih lebih mahal Rp 50 Ribu. Padahal harga saat launching bulan Juni lalu Rp 2,75 Juta. Berarti dalam rentang setengah tahun, harganya anjlok sampai 25,45 persen.
"Mungkin juga karena faktor Xperia U masih menganut Android versi Gingerbread di saat pesaing sudah beralih ke Ice Cream Sandwich," beber Sindy.
Sementara produk Sony untuk kelas low end, Xperia Tipo dual harganya turun sampai Rp 100 Ribu. Saat ini Tipe dual dijual Rp 1,525 Juta. Tidak hanya versi dual SIM nya yang mengalami perubahan. Versi single SIM nya juga merosot Rp 50 Ribu. Harganya tak jauh beda dibanding versi dual yaitu Rp 1,475 Juta dari semula ada di harga Rp 1,525 Juta.(tom/eno)