Kualitas Nintendo Wii U Lebih Mantap

MALANG- Saat kompetitor seperti Sony dan Microsoft telah membenamkan teknologi resolusi full HD pada konsol Playstation 3 (PS3) dan Xbox 360, Nintendo agak tertinggal karena terbilang lambat merilis Nintendo Wii U. Meski sudah dilaunching di Amerika Serikat sejak November 2012 lalu, konsol ini rencananya baru masuk Indonesia awal tahun depan. Akibatnya, pecinta Nintendo di Malang harus bersabar menunggu hadirnya konsor generasi teranyar tersebut. Mau tak mau, sementara mereka harus puas dengan Nintendo Wii yang saat ini dilego Rp 2,075 juta. “Memang yang memakai PS atau Xbox lebih banyak. Tapi Nintendo juga masih diminati. Apalagi kalau nanti sudah keluar Nintendo Wii U,” ujar Khoiria, frontliner Focus Game Malang Plasa.
Menurut gadis yang akrab dipanggil Ria ini, Wii U kabarnya dijual dalam dua paketan berbeda. Yaitu Wii U Deluxe yang berisi konsol Wii U 32 GB warna hitam, Wii U Gamepad warna hitam, Nintendo Land (DVD Game), Wii U Gamepad Stand, Wii U Gamepad Cradle, Wii U concole stand, kabel HDMI, sensor bar dan adaptor.  Sementara satu lagi adalah paket Basic yang hanya menyertakan konsol 8 GB warna putih, Gamepad warna putih, sensor bar, kabel HDMI dan adaptor. Untuk versi Basic akan dilepas sekitar Rp 2,8 juta. Sedangkan seri Deluxe dijual lebih mahal, sekitar Rp 3,3 juta. Lantas apa yang membuat Nintendo Wii U layak dinantikan?
Konsol Nintendo terbaru ini benar-benar memiliki perbedaan yang signifikan dibanding konsol Nintendo generasi sebelumnya. Wii U adalah perangkat gaming generasi yang lebih maju ketimbang Nintendo Wii. Artinya, dari sisi grafis Wii U menawarkan kualitas yang jauh lebih baik, lengkap dengan dukungan output HD. Boleh dibilang, Wii U adalah PS3-nya Nintendo. Tapi, bukan sekadar perbaikan dalam grafis saja yang membuatnya menarik. Adanya Wii U Gamepad membuatnya lebih mutakhir, lantaran menawarkan sebuah kontrol game yang dilengkapi layar sentuh 6.2 inci, diapit oleh tombol arah di sebelah kiri, tombol gaming di sebelah kanan dan dua joystick sejajar siap menawarkan sejumlah moda yang penting dalam bermain game.
Namun Wii U Gamepad yang sebenarnya sebuah kontroler justru kerap disebut sebagai konsol utama dari Wii U. Game yang sudah beredar untuk Wii U antara lain New Mario Bros U dan Call o Duty Black Ops 2 yang telah membenamkan fitur mirroring ke dalam gamepad. Artinya, gamers bisa bermain game sambil menonton TV atau hanya dengan menggunakan layar di gamepad. “Fitur mirroring ini juga bisa digunakan sebagai layar alternatif untuk pemain kedua ketika sedang bermain multiplayer,” tandas Ria. (tom/mar)