Smartphone Canggih Hemat Baterai

MALANG – Besarnya pangsa smartphone membuat pabrikan laptop Lenovo merilis keluarga ponsel pintar kedua bernama P700i setelah sebelumnya menggelontor pasar dengan seri K860.
Dengan banderol harga Rp 2 juta, Lenovo mempersenjatai P700i dengan prosesor dual core MTK 6577 berkecepatan 1GHz. Sedangkan untuk menunjang kinerjanya, memori 512 MB ikut ditanamkan di dalamnya. Untuk menyimpan koleksi lagu, video dan aplikasi, pengguna dapat memanfaatkan memori internal 2GB yang ada.
Guna mencukupi kebutuhan dayanya, Lenovo P700i menggunakan baterai dengan kapasitas yang terbilang besar, yaitu 2500 mAh. “Dengan kondisi baterai terisi penuh serta koneksi WiFi dan 3G yang menyala bergantian sesuai area lokasi jaringan yang mendukung, P700i mampu bertahan hampir dua hari pemakaian,” terang Lusiana Anggraini, Sales Division Global Teleshop Malang.
Sebagai basis sistem operasinya, Lenovo memilih menggunakan Android Ice Cream Sandwich (ICS) yang dipoles dengan interface buatan sendiri bernama IdeaDekstop. Mengusung layar sentuh berjenis kapasitif sebesar 4 inch, P700i menyuguhkan 16 juta varian warna dengan resolusi WVGA 480 x 800 piksel serta kemampuan menerima input sentuh hingga lima jari.
Dengan mengusung prosesor dual core, Lenovo tampaknya ingin memikat customer dengan menambahkan kemampuan dual SIM on pada P700i. Pengguna dapat memakai ponsel ini untuk melakukan video call via 3G.
“Sama seperti ponsel dual SIM GSM lain, video call 3G hanya dapat dilakukan menggunakan kartu SIM 1 karena kartu SIM 2 hanya sanggup menerima sinyal 2G,” urai Lusi kepada Malang Post.
Selain telah dijejali dengan aplikasi native Android seperti Android market, Google search, Youtube, Google Maps dan Gmail, P700i juga dibekali Lenovo Note yang memungkinkan pengguna menggambar cukup dengan memanfaatkan sentuhan jari. Belum lagi adanya fitur News and Weather untuk menyimak berita terbaru serta informasi cuaca.
Di sektor fotografi, ponsel ini dipersenjatai kamera berresolusi 5 MP tanpa lampu flash namun mampu mengambil gambar dalam mode autofocus. Sederet setting tambahan exposure, color effect, white balance, antibanding dan zoom juga tak luput disematkan. “Secara umum, P700i ini meski tidak mahal tapi sudah dibekali prosesor dual core dan juga dual SIM card. Apalagi bagi yang suka ponsel dengan baterai awet, smartphone ini jadi pilihan tepat,” pungkas Lusi. (tom/fia)