Tentukan Waktu, Hajar Diskon

Serbuan ponsel berbagai merk dan tipe kian tak terbendung. Ibaratnya, hampir tiap minggu, selalu ada ponsel baru yang beredar di pasaran. Mereka yang berduit jelas tak kesulitan menentukan pilihan. Tapi bagaimana bagi yang berkantong cekak? Tentu harus berpikir dua kali untuk membeli ponsel idaman yang belum tentu terjangkau harganya. Karena itulah, butuh trik untuk menyiasatinya. Termasuk strategi menentukan waktu pembelian.  Paling tidak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Mungkin terdengar sepele, tapi bila diperhatikan dan dilakukan, bukan tidak mungkin ada sisa uang yang lumayan bisa disimpan.
1. Akhir Tahun Paling Tepat
Akhir tahun seperti sekarang ini biasanya menjadi saat yang tepat untuk berburu ponsel idaman. Umumnya, banyak vendor yang memanfaatkan momen tutup tahun dengan merilis berbagai tipe baru, dan tentunya dengan harga yang cukup kompetitif. “Cara ini sebenarnya boleh dipakai atau tidak. Karena pertimbangannya, jika ponsel idaman meluncur di awal tahun, masa harus menunggu sampai akhir tahun,” ujar Dony Ilhami, pengelola CB Cell Malang.
Menunggu juga menjadi kegiatan yang wajib dilakukkan. Umumnya, ponsel keluaran baru akan dibanderol dengan harga yang cukup tinggi saat peluncurannya. Tapi, pastinya vendor akan menghadirkan seri lanjutan dalam waktu dekat. Otomatis harga ponsel idaman pun akan turun. Inilah saat yang tepat untuk membeli. “Biasanya rentang waktu vendor ponsel merilis model bari sekitar 1-3 bulan,” tukasnya.
2. Manfaatkan Promo
Trik menunggu promo juga bisa jadi kiat mujarab. Untuk menarik minat konsumen, umumnya para distributor atau retail penjualan ponsel akan memberlakukan trik promosi. Di sini, bisa saja ponsel idaman ditawarkan dengan harga yang lumayan miring dibanding harga resmi. Namun, masa berlaku promosi ini rata-rata terbatas. Biasanya beberapa saat setelah diluncurkan ke pasaran.
Selain promo potongan harga (diskon), banyak pula vendor yang bekerjasama dengan bank penyedia kartu kredit menawarkan pembelian ponsel idaman lewat metode cicilan. Banyak promo cicilan yang ditawarkan dengan bunga 0 persen, tapi saat proses pembeliannya justru dikenakan berbagai biaya tambahan (administrasi). “Jika dihitung ternyata jatuhnya lebih mahal ketimbang beli langsung, ya lebih baik jangan. Tapi, jika tertarik dengan metode cicilan ini, coba cari promo cicilan dengan bunga 0 persen dan pastikan tidak ada biaya administrasi tambahan,” imbuh Dony kepada Malang Post.
3. Nikmati Paket Bundling  
Penjualan ponsel lewat paket bundling merupakan trik penjualan yang cukup kena. Di sini, konsumen ditawarkan harga standar atau bahkan ada yang sedikit lebih murah, tapi sudah termasuk berbagai bonus yang menyertai. Secara umum, paket bundling ini biasa dilakukan vendor dengan operator yang menawarkan layanan paket data. Jadi, bila membeli ponsel idaman lewat paket ini bisa mendapatkan beberapa keuntungan sekaligus. Pertama, harga yang dikeluarkan untuk ponsel sendiri ada kalanya lebih murah. Kedua, mendapatkan paket data yang dapat digunakan untuk menikmati beragam layanan di ponsel idaman. (tom/nda)