Nggak Punya Teman? Ngobrol dengan SimSimi, Yuk!

MALANG – Aplikasi yang ditawarkan oleh para vendor semakin hari semakin canggih. Jika selama ini Anda sudah mengenal aplikasi chatting seperti BBM, WhatsApp, Yahoo Messenger dan GTalk, dan memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari, tak ada salahnya jika sekarang giliran aplikasi SimSimi yang dijajal.
SimSimi merupakan aplikasi chatting yang dibuat oleh vendor asal Korea Selatan. Aplikasi chatting ini tidak sama dengan aplikasi chatting lainnya. SimSimi lebih istimewa karena pengguna tidak memerlukan lawan bicara untuk menggunakannya. Lantas, dengan siapa pengguna akan berbalas obrolan jika menggunakan aplikasi ini?
Pengguna SimSimi, Jeffry Gigih mengatakan, aplikasi SimSimi bisa dijalankan tanpa melibatkan orang lain karena obrolannya sudah diprogram secara sistematis. Pengguna tinggal memasukkan kata atau kalimat di balon chat, maka SimSimi akan mendeteksi kata atau kalimat tersebut dengan jawaban yang sudah tersimpan dalam database.
“Misalnya pengguna mengetik ‘selamat sore’, maka SimSimi akan meresponnya dengan balasan ‘selamat sore juga, kakak’. Ketika menggunakan aplikasi ini, seakan-akan kita benar-benar sedang chatting dengan orang. Asyik dan sangat menarik. Saking asyiknya banyak pengguna yang akhirnya kecanduan chatting dengan SimSimi,” terang Jeffry pada Malang Post.
Jawaban yang dilontarkan oleh SimSimi terkadang tak selalu sesuai dengan pertanyaan yang disodorkan oleh pengguna. Namun jawaban ngawur dan asal-asalan yang diberikan oleh ikon berwarna kuning ini justru lucu dan membuat si pengguna tertawa terbahak-bahak.
Para pengguna sendiri sebenarnya bisa ikut menambah kosa kata jawaban SimSimi. Dalam program ini disediakan menu khusus bagi pengguna untuk menambah kosa kata dan menyimpannya dalam sistem.
“Kosa kata yang ditambahkan oleh pengguna ini akan disimpan oleh SimSimi sehingga ketika ada pengguna lain yang menggunakan pertanyaan tersebut akan dijawab oleh SimSimi dengan jawaban tersebut,” sambung pria berkacamata itu.
Aplikasi ini bisa digunakan di hampir semua sistem operasi. Baik itu Android, iPhone maupun BlackBerry. Namun khusus BlackBerry, pengguna harus merogoh koceknya sekitar USD 0,75 agar bisa mendownload aplikasi lucu ini. Sementara untuk Android dan iPhone bisa langsung mendownload di Android Market dan App Store secara cuma-cuma.
“Kalau tidak memiliki ponsel Android, iPhone dan BlackBerry, bisa juga memainkan aplikasi ini di PC online melalui situsnya, www.SimSimi.com,” pungkasnya. (nda)