Berkat Hotswap, Gonta-ganti Kartu Lebih Mudah

MALANG- Vendor lokal, Advan terus membuktikan keseriusannya menggarap pasar tablet tanah air. Kali ini mereka mengusung Vandroid T1A. Dibanderol Rp 1,55 juta, beragam fitur mumpuni telah disematkan Advan dalam tablet Android andalannya ini. Apa saja kelebihan gadget yang mengusung sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich ini?
Dari tampilan fisik, tablet ini memiliki bentuk yang sebetulnya tak jauh beda dengan beragam tablet lokal lain. Namun, kesan pertama yang didapat saat memegang tablet ini adalah berat.  Pada sisi bawah, terdapat slot SIM card, SD card, micro USB, dan jack audio. "Ini karena T1A memiliki desain yang disesuaikan dengan fitur yang disematkan," tutur Ratnawati, Frontliner Swisscom Malang.
Slot SIM card dan SD card yang hotswap ini amat memudahkan pengguna untuk gonta-ganti kartu seenaknya. Namun, dibutuhkan kuku yang panjang atau alat bantu untuk memasukkannya karena slot ini terlampau dalam dan sukar diraih dengan jari berkuku pendek. Di bagian kanan, terdapat dua buah tombol, yaitu tombol unlock dan volume. Seperti biasa, tombol unlock ini juga berfungsi sebagai tombol power.
Vandroid T1A menggunakan layar 7 inci dengan resolusi 1024x600. Terlihat cukup baik dan terang baik di dalam maupun luar ruangan. Layar ini dapat menerima hingga lima sentuhan. "Layarnya sudah kapasitif. Artinya ada peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya," imbuh Ratna kepada Malang Post.
Dengan harga yang cukup terjangkau, tablet ini telah menggunakan prosesor dari Qualcomm Snapdragon Turbo 1 GHz. Sayangnya, kapasitas RAM yang diberikan terlampau minim, yaitu hanya 512 MB. Advan pun hanya memberikan internal sebesar 512 MB. Untung saja untuk penyimpanan, pengguna dapat menambahkan SD card hingga 32 GB.
Saat di-benchmark menggunakan AnTuTu Benchmark v3.0.3, keluar hasil 3154. Advan memberikan dua buah kamera di bagian depan dan belakang yang masing-masing memiliki resolusi sekitar 1 megapiksel dan 5 megapiksel. Advan turut membenamkan sebuah flash di kamera belakangnya. (tom/nda)