Tekan Tombol Quick Memo, Layar Siap Dicorat-coret

LAYAR LEBAR: LG Optimus Vu didesain dengan layar berukuran besar sehingga membuat pengguna lebih lega.
LG Optimus Vu
MALANG- Smartphone berlayar jumbo, atau sekarang beken disebut phablet kian populer. Tak heran bila pabrikan raksasa saling berlomba meramaikan pasar phablet dengan jagoan masing-masing. LG pun tak mau kalah dengan merilis Optimus Vu yang dianggap sebagai salah satu phablet terbaik yang dirilis sepanjang 2012.
Vu memiliki layar ukuran 5 inchi dengan IPS Display resolusi 1024x768 yang akan memberikan aspek rasio 4:3, tergolong unik di kala smartphone Android rata-rata mengadopsi layar lebar 16:9.  “Yang paling istimewa adalah spek yang dimilikinya cukup tinggi,” terang Sanda Dani, Sales Division Global Teleshop Malang.
Phablet ini dibekali prosesor dual-core 1.5Ghz Qualcomm Snapdragon MSM8660 plus Adreno 220 GPU, penyimpanan internal sebesar 32GB, kamera belakang 8 MP auto-fokus dan LED Flash, kamera depan 1.3 MP, HDMI, DLNA, Wi-Fi Direct, dan tidak ketinggalan kapasitas baterai 2,080 mAh. Cukup komplet bukan?
Untuk layar, Optimus Vu menggunakan tipe IPS dengan lebar 5 inci dan resolusi 1024x768 piksel. Kualitas layar IPS sendiri sungguh bagus, karakteristiknya mirip layar iPhone 5, meski untuk tingkat saturasi, kontras dan kepekatan warna hitam kalah dengan tipe AMOLED, namun IPS dipersenjatai dengan warna putih yang natural dan tingkat kecerahan yang tinggi.
Dengan Optimus UI dan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich, Optimus Vu memiliki antar muka yang menarik dan dipenuhi efek-efek yang bagus. Praktis, banyak kustomisasi yang bisa dilakukan pengguna. Untuk Homescreen dan antar muka secara keseluruhan, ada beberapa themes yang bisa dipilih yakni Optimus, Biz, Cozywall dan Marshmallow. “Maksimal pengguna bisa menggunakan tujuh homescreen yang bisa diisi dengan widget dan akses pintas,” beber Sanda lebih rinci.
Salah satu fitur unggulan di Optimus Vu adalah Quick Memo. Berbeda dengan memo atau note di Galaxy Note, di sini pengguna bisa langsung mengedit layar hanya dengan membuka menekan tombol Quick Memo di bagian atas sebelah kiri ponsel dan layar siap untuk dicoret-coret.
Dengan banderol  Rp 5,499 juta, Optimus Vu memiliki rentang harga yang cukup jauh dari Note II. Namun soal performa, kemudahan menggunakan dan optimalisasi antarmuka Vu masih di atas Note I. Tak salah bila kemudian phablet ini menjadi salah satu bintang tahun ini. (tom/nda)