Kaleidoskop Tekno 2012

Pasar Tablet Semakin Meroket
Setahun terakhir, pasar komputer tablet di tanah air makin berkembang pesat. Hadirnya tablet bahkan berpotensi menggerus pasar netbook yang sebelumnya jadi primadona. Bukan semata karena mengutamakan fungsi, sebagian masyarakat Indonesia justru membeli tablet demi memenuhi kebutuhan gaya gidup. Tak heran bila penjualan tablet kian menggeliat sepanjang tahun 2012. Berikut lima varian tablet yang berjaya sepanjang tahun Naga Tanah.

Samsung Galaxy Tab 2 7.0
Lagi-lagi Samsung kembali mengirimkan wakilnya dalam jajaran ‘The Best’. Tampil sebagai tablet inovatif dari pabrikan Korea tersebut adalah Samsung Galaxy Tab 2 7.0. Sejatinya, kemampuan gadget ini unda-undi dengan saudara kandungnya, Galaxy Tab 2 10.1. Tapi faktor harga yang lebih murah dan desain yang lebih mudah dibawa membuat Tab 2 7.0  lebih diminati pecinta Android di Nusantara.
Samsung Galaxy Tab 2 7.0 diperkuat dengan PLS LCD capacitive touchscreen berukuran 7 inci dan memiliki resolusi 600x1024 piksel. Selain cukup lebar untuk digunakan, layarnya juga terlihat lebih jernih. Tak hanya itu, di dalam layar touchscreen itu juga dilengkapi TouchWiz UX UI. Dimensi layar tersebut juga pernah digunakan oleh Samsung pada Galaxy Tab 7.0 plus. Berbeda dengan komputer tablet pada umumnya yang menjalankan andorid Honeycomb, Galaxy Tab 2 7.0 justru menggunakan Android OS versi 4.0 Ice Cream Sandwich.
Di samping menggunakan Android Ice Cream Sandwich, Galaxy Tab 2 7.0 juga menyematkan prosesor Dual-Core berkecepatan 1 GHz dan RAM 1GB yang mendukung multitasking. Sebuah prosesor yang dapat diandalkan untuk melakukan berbagai kegiatan seperti membuka beberapa aplikasi secara bersamaan namun performanya masih tetap terjaga.
Gadget seharga Rp 3,25 jutaan ini dibekali dual kamera. Kamera utama berkekuatan 3.15 megapiksel dengan fitur geo-tagging dan smile detection, juga mampu merekam video dengan kualitas HD. Sedangkan kamera sekundernya hanya sekelas VGA yang dapat digunakan untuk video chatting.

Apple New iPad

Tak ada yang meragukan kualitas Apple New iPad  untuk masuk deretan tablet terbaik 2012. Diakui atau tidak, produk Amerika ini menyajikan fitur mutakhir yang tak akan mengecewakan penggunanya. Generasi baru besutan Apple ini dibekali layar Retina Display serta dukungan konektifitas 4G.  
Secara fisik, desain New iPad  tak jauh beda dengan iPad sebelumnya. Ukuran layarnya masih 9.7 inch. Bicara soal layar, terutama resolusinya, resolusi layar New iPad  meningkat empat kali lipat dibanding iPad 2. Ini membuat tampilan gambar atau apapun yang tersaji di dalamnya tampak makin tajam.
Konsep utama pembinaan New iPad  bukanlah evolusi atau revolusi daripada versi sebelumnya. Ini terbukti apabila prosessor bagi New iPad  sama dengan prosesor iPad 2. New Ipad memiliki paparan screen yang lebih menawan, kamera digital yang lebih canggih dan RAM yang lebih besar sehingga membantu sistem operasinya melaju lebih kencang. Ibaratnya, New iPad adalah gadget yang sempurna untuk kebutuhan hidup sehari-hari.
BlackBerry PlayBook
Tampil sebagai satu-satunya penantang dari keluarga Research in Motion (RIM) adalah BlackBerry PlayBook. Gadget yang dibanderol Rp 2,4 juta ini mempunyai ukuran yang cukup kompak dan ringan. Dengan berat hanya 425 gram, terhitung cukup ringan biarpun masih kalah ringan dibanding Galaxy Tab 7 inci. Dengan tebal hanya 10 mm, memang tablet ini terlihat sangat tipis. Layar selebar 7 inci dikelilingi oleh bezel yang sensitif terhadap sentuhan, mengingat di bagian depan ini sama sekali tidak ada tombol.
Untuk menjaga BlackBerry PlayBook berjalan lancar, RIM telah memutuskan untuk menggunakan prosesor dual-core 1GHz TI OMAP ARM Cortex-A9, dan didukung dengan internal memori 1GB RAM. Bisa dikatakan, tablet BlackBerry adalah perangkat yang cepat. Ada beberapa pilihan media penyimpanan internal BlackBerry PlayBook, yakni 16GB, 32GB, dan 64GB.
Playbook berjalan pada BlackBerry Tablet OS dengan nama QNX. QNX dikembangkan oleh sebuah perusahaan terkenal untuk software-software handal. BlackBerry Tablet OS akan memungkinkan pengguna untuk memiliki penanganan file multimedia dan video lebih cepat, kualitas grafis yang besar dan tidak ada lag sama sekali.

Sony Tablet S
Tak ketinggalan Sony juga menawarkan tablet jagoannya yaitu Sony Tablet S. Bentuknya cukup unik dengan tampilan futuristik sehingga memberikan keseimbangan saat berada dalam genggaman. Saat berada di atas meja, layarnya miring kedepan membuat pengguna lebih mudah untuk mengetik, berbeda dengan tablet lain yang cenderung datar. Walaupun tidak setipis iPad tapi tetap memberikan kenyamanan yang baik.
Sony memberikan ukuran layar 9,4 inchi berbeda dengan tablet Honeycomb lain yang pada umumnya menggunakan layar 10,1 inchi. Sony Tablet S memiliki teknologi yang sama seperti pada TV Bravia yaitu TruBlack sehingga layar tampil lebih tajam dan dan color full.
Piranti seharga Rp 4,9 juta ini memberikan beberapa fitur bawaan Android 3.1 yang kesemuanya terhubung dengan Google. Google talknya sudah mendukung video chat, pengguna dapat mengakses layanan video Sony. Demi memanjakan pengguna, kamera Sony Tablet S dibekali dengan sensor Exmor yang mampu menghasilkan foto berkualitas tinggi.

Acer Iconia Tab A701
Jangan nafikan pula keberadaan Acer dengan Iconia Tab A701 yang berupaya meramaikan pasar tablet PC di Indonesia dengan mengusung spesifikasi hardware mumpuni. Di atas kertas, spesifikasi A701 memang lumayan mentereng. Selain prosesor quad core Nvidia Tegra 1,3 GHz, tablet ini mengusung layar definisi tinggi beresolusi 1020x1200 pixel.
Spesifikasi lainnya meliputi kamera 5 megapixel, webcam HD, baterai 9800 mAh, storage internal 16/32GB, konektivitas 3G & WiFi, teknologi audio Dolby Mobile 3+ dan kemampuan rekam video HD. Iconia Tab A701 dijual di Indonesia seharga Rp 5,99 juta. (tom/nda)