PSU Digital Masuk Tanah Air

Jakarta - Setelah diperkenalkan secara global beberapa waktu lalu, Power Supply Unit (PSU) digital pertama Corsaing akhirnya tiba di Indonesia. Produk ini dijual mulai Rp 2 jutaan.
PSU digital ini diklaim Corsair sebagai yang pertama di dunia dengan sertifikasi 80 Plus Platinum. Ada dua varian yang mulai dijual di Indonesia, yakni PSU Digital AX860i dan AX760i.
PSU digital dijanjikan lebih stabil memasok daya ke berbabagai komponen komputer, karena sirkuit yang dikontrol secara digital dipercaya mampu memberikan kestabilan tegangan, ripple dan noise yang sangat rendah. Belum lagi tingkat efisiensi yang diklaim mencapai 92 persen.
Jika benar demikian, maka efisiensi tinggi yang berhasil dicapai AX860i dan AX760i memungkinkan keduan beroperasi dalam suhu yang relatif terjaga, dan suara bising yang masih bisa ditoleransi. Apalagi pendingin produk ini baru aktif saat beban mencapai 30 persen dari kapasitas.
Selain itu PSU digital juga punya beberapa keunggulan lain jika dibandingkan versi konvensional, di antaranya Digital Signal Processor (DSP) yang bisa dikontrol secara real-time fitur dan karakteristik performa dari PSU melalui software.
Ini termasuk monitoring suhu, besarnya arus, efisiensi serta pengaturan kecepatan fan internal. Fitur ini juga memungkinkan pengguna melakukan penggantian konfigurasi single +12V rail menjadi multi-rail dengan current protection yang dapat di-set untuk setiap rail.
"Dengan kombinasi performa, efisiensi yang tinggi dan kemampuan konfigurasi oleh pengguna, AX860i dan AX760i memposisikan diri berbeda dengan PSU pada umumnya," kata Thi La, Senior Vp & GM of Memory and Enthusiast Component Products dari Corsair.
Dalam keterangan yang disiarkan, Senin (31/12) lalu, PSU Digital Corsair AX860i dan AX760i sudah bisa ditemukan di pasaran dengan harga mulai Rp 2 juta hingga Rp 2,5 juta. (dtc/nda)