Hadirkan Musikkan Hidupmu untuk Penggemar Musik

MALANG- Sony Mobile rupanya tak luput ambil bagian dalam menyasar pasar low entry di tanah air. Seolah tak mau kalah dari para kompetitornya, mereka kemudian merilis Sony Xperia ST21i Tipo. Smartphone single core ini dibanderol dengan harga yang ramah di kantong, hanya Rp 1,5 jutaan.
Sekilas, desain ponsel ini tak jauh beda dengan ponsel besutan Sony lainnya. Bukan hanya mengadopsi teknologi layar sentuh, ponsel berdimensi 103 x 57 x 13 mm ini juga memiliki bodi mungil. Pasalnya, tak banyak tombol yang disematkan di sepanjang bodinya. Untuk menyalakan Xperia Tipo, pengguna cukup menekan tombol power di bagian atas.
Yang patut disayangkan dari Xperia Tipo barangkali tidak dibekalinya ponsel ini dengan hotswap untuk menyelipkan SIM atau kartu memori. “Jadi, pengguna mau tak mau harus membongkar pasang baterainya lebih dulu untuk melakukan penggantian SIM Card atau memori,” papar Sindy Meyrilda, Promotor Sony Malang.
Karena membidik pengguna kelas low end, maka tak heran bila ponsel ini menggunakan prosesor Qualcomm MSM7225AA single core dengan kecepatan menengah. Yakni di kisaran 800 MHz. Supaya kinerjanya lancar, Sony menyematkan RAM sebesar 512 MB dan internal storage 2.9 GB. “Jika ingin menambah kapasitasnya, pengguna dapat menyisipkan kartu Micro SD hingga 32 GB yang slotnya ada di bawah baterai,” imbuh Sindy.
Urusan internet dan koneksi pada gadget ini juga sudah cukup mumpuni. Dengan menggunakan browser ICS yang dimilikinya, pengguna dapat membuka 16 halaman sekaligus. Browsernya juga telah mendukung konten flash. “Sehingga pengguna tidak perlu khawatir untuk membuka halaman yang bermuatan video,” tukasnya kepada Malang Post.
Untuk mengakses data, selain melalui WiFi, pengguna dapat menggunakan data operator dengan kecepatan download serta upload maksimal masing-masing 7.2 Mbps dan 5,76 Mbps. Pada setting, pengguna dapat mengatur pemakaian data dengan membatasi volume penggunaan data saat berinternet ria.
Sesuai dengan tema yang diangkat Sony untuk seri Tipo, yakni ‘Musikkan Hidupmu’, ponsel ini menjadikan fitur musik sebagai salah satu daya tarik utama. Xperia Tipo diklaim sebagai fully loaded entertainment smartphone. Teknologi xLOUD menjadikan ponsel ini mampu menghasilkan suara mengagumkan nyaris tanpa distorsi.
Dengan beragam kemampuannya tersebut, banyak yang membandingkan Xperia Tipo sebagai pesaing tiga varian Samsung yaitu Galaxy Mini, Galaxy Y dan Galaxy Pocket. Bagi yang berencana menggunakan smartphone berplatform Android dengan harga terjangkau dan memiliki fitur mantap di pemutar musik, produk Sony yang satu ini bisa jadi solusi. (tom/nda)