Feature Phone Terbaik 2012

MALANG -  Nokia Asha 311 disebut sebagai salah satu feature phone terbaik sepanjang 2012. Predikat ini didapatkan karena fitur yang dimiliki Asha 311 mumpuni dan harganya terjangkau. “Fiturnya sudah sangat menunjang pengguna yang belum melek teknologi OS. Harganya juga terjangkau, hanya Rp 1,4 jutaan,” terang Rizki Fany Oktavia, Frontliner Sentra Ponsel Malang.
Asha 311 berjalan pada Nokia Series 40 OS, namun jauh lebih fungsional dibanding seri terdahulu. Layar 3 inch kapasitifnya bisa merespon dengan baik dan bahkan ada dukungan untuk dual multi touch juga. Adapun drop-down bar notifikasi yang memungkinkan pengguna langsung melompat ke tugas-tugas seperti SMS, panggilan dan pemutar musik.
Nokia Asha 311 ditunjang GSM quad band dan handset 3G dengan didukung kecepatan data 3G hingga 14.4 Mbps. Pengguna juga mendapatkan Wi-Fi b/g/n dan Bluetooth v2.1. Aplikasi dan fitur lain yang tertanam di dalamnya termasuk Nokia Life, File Manager, Radio Internet dan Cuaca. Seperti feature phone yang banyak beredar di pasaran, di dalamnya juga sudah terisi aplikasi jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Orkut, WhatsApp Nimbus dan banyak permainan.
Pemutar musik Asha 311 juga tidak jauh berbeda, namun tetap fungsional. Pengguna dapat mengurutkan musik berdasarkan album, genre artism atau melalui playlist. Bahkan bisa melakukan preset equalizer dan memiliki pilihan untuk streaming audio melalui Bluetooth. “Audio yang dihasilkan speakernya lumayan keras, rasanya cukup untuk menghidupkan suasana acara di satu ruangan,” imbuh dara yang akrab dipanggil Fani ini.
Di dalamnya juga sudah ditanamkan fitur Radio FM dengan dukungan RDS, tapi tidak ada antena internal sehingga pengguna masih memerlukan headset. Pemutar videonya hanya mendukung format seperti MP4. “Karena sudah memiliki aplikasi Nokia Music, pengguna bisa mengakses dan mengunduh langsung musik-musik pilihan secara gratis,” pungkasnya kepada Malang Post. (tom/nda)