Unggul di Layar, Galaxy Ace 2 Jadi Raja

MALANG- Menilik setahun ke belakang, Samsung termasuk pabrikan yang cukup agresif. Tak hanya membidik kelas bawah dan atas, vendor raksasa asal Korea ini juga memiliki jurus jitu untuk memikat pengguna ponsel di kelas menengah. Mereka merilis sejumlah produk untuk menyasar level medium yang kemudian laris manis di pasaran sepanjang 2012, bahkan hingga awal tahun ini.
Menurut riset berbagai sumber, tren smartphone menengah di kisaran harga Rp 3 juta ke bawah masih mendominasi penetrasi pasar dengan cepat. Hal inilah yang membuat Samsung tetap agresif menggarap pasar di kelas tersebut.
Bila diklasifikasikan, ada tiga tipe yang dilepas Samsung untuk pecinta Android dari kalangan menengah. Sebut saja seri Galaxy W, Galaxy Duos dan Galaxy Ace 2. Nama yang disebut belakangan bahkan disebut-sebut sebagai smartphone Android kelas menengah paling diminati masyarakat Indonesia.
“Untuk kisaran harga menengah, Samsung Galaxy Ace 2 yang saat ini dibanderol Rp 2,7 juta memang paling diminati,” terang Ayu Puspita, Sales Division Global Teleshop Malang.
Menurut Ayu, hal ini bisa dimaklumi karena Galaxy Ace 2 diposisikan sebagai ponsel menengah yang paling canggih. Smartphone ini diotaki prosesor dual core berkecepatan 800 MHz serta RAM sebesar 768 MB. Untuk mendukung kinerja grafis, Samsung telah mempersenjatainya dengan GPU Exynos Mali 400 MP.
Tak hanya otak cerdas, Samsung membuat smartphone-nya ini makin istimewa karena keberadaan kamera 5 MP dan memori internal sebesar 4 GB. Belum lagi layarnya yang berukuran 3,7 inci memiliki resolusi lebih baik dibandingkan seri Ace generasi pertama yang hanya berukuran 3,5 inci.
“Saat ini, faktor bentang layar yang lebih luas juga jadi pertimbangan customer. Mereka umumnya merasa lega dengan layar yang lebih besar dan berkualitas,” timpal Ayu.
Samsung Galaxy Ace 2 mampu merajai pasar Android segmen menengah karena memiliki teknologi yang tak dimiliki Galaxy W maupun Galaxy Duos. Teknologi layar PLS yang digunakannya membuat tampilan layar Ace 2 jauh meninggalkan dua kompetitor yang sejatinya ‘saudara’nya sendiri.
Ditambah lagi performa yang cepat dan dukungan upgrade ke Android versi 4.0 alias Ice Cream Sandwich (ICS) menjadi nilai lebih smartphone yang satu ini. Paling tidak, Galaxy Ace 2 masih akan menjadi buruan sampai akhirnya Samsung merilis jagoan baru untuk Android kelas menengah di 2013. (tom/nda)