Monza Curi Perhatian

MALANG- Harga yang relatif terjangkau, BlackBerry Curve 9220 (Davis) dan Curve 9320 (Armstrong) boleh jadi primadona di pasaran. Bila mau mahal sedikit dan mementingkan prestis, pecinta produk lansiran Research in Motion (RIM) biasanya mengalihkan bidikan ke tipe Bold 9790 (Bellagio) dan Bold 9900 (Dakota). Namun, nyatanya ada satu varian lagi yang digandrungi pecinta BlackBerry di Malang. Adalah tipe Torch 9860 alias Monza yang kini mencuri perhatian masyarakat karena desain dan fitur mutakhir yang dimilikinya. Hampir setiap harinya, ada saja yang menebus device seharga Rp 3,1 jutaan ini. Hal itu diungkapkan Sales Division Global Teleshop Malang, Andy Prasetya.
Pria yang akrab disapa Loy itu mengatakan, daya pikat Monza cukup tinggi. “Dua hari lalu, kami siap stok 20 unit Monza dan sekarang tinggal 15 unit. Tiap harinya selalu ada yang membeli tipe ini,” bebernya kepada Malang Post. Dilihat dari tampilan depan yang full touch screen, sepintas Monza mirip dengan Storm dan Torch 9800. Hanya saja, dengan ukuran 120 x 62 x 11.5 mm membuat Monza terlihat lebih panjang dan lebih tipis jika dibandingkan tipe lain seperti Storm 2. Layar yang digunakan juga ciamik, karena  mengandalkan ukuran 3,7 inci TFT LCD transmisif yang dapat menghasilkan 16 juta warna.
Sayang, untuk kamera resolusinya masih belum ada peningkatan. Masih tetap membenamkan modul camera 5 mega piksel, tapi ditunjang fitur terbaru seperti Face Detection lalu juga HD Video Recording (720p) dengan Image Stabilization, Scene Modes, Geo-Tagging, AutoFocus dan Digital Zoom 4x. “Tapi Monza sudah disokong teknologi Liquid Graphics,” imbuh dia. Untuk urusan navigasi, BlackBerry 9860 ini cukup responsif. Signal GPS cepat terkunci ketika mencoba find location di BlackBerry Maps. Untuk diajak bernavigasi juga menjadi lebih nyaman karena layar lebih besar. Sayang BlackBerry Maps menggunakan online Maps sehingga ketika merender maps tergantung dari kondisi jaringan.
Dalam hal kemampuan mesinnya, Monza tak perlu diragukan. Dengan prosesor 1.2 GHz memungkinkan bisa berjalan dengan mulus tanpa lag. “Kalau soal kemampuan, sebenarnya Monza lebih baik daripada Bellagio. Hanya saja kalah kapasitas memori internal. Tapi dengan harga hanya Rp 3,1 jutaan, sudah cukup istimewa karena ditunjang Liquid Graphics,” tandasnya kepada Malang Post. (tom/mar)