Smartphone Android ICS Kaya Fitur

MALANG- Barangkali banyak pecinta Sony yang mulai beralih ke seri yang lebih mutakhir seperti Xperia Ion ataupun Acro S. Padahal, ada satu varian yang masih layak dikedepankan karena kemampuannya yang tak kalah memukau. Dirilis sebagai smartphone Xperia pertama yang mengusung sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS), Sony Xperia Neo L merupakan ponsel yang ditujukan untuk segmen kelas menengah.
Dari penampilannya saja, smartphone yang dibanderol Rp 2,3 juta ini sudah terlihat berkelas. Sekujur tubuh Neo L diselimuti material plastik glossy.  Setiap lekukan memunculkan kesan elegan. Jeroannya juga tak patut diremehkan. Smartphone ini dipersenjatai prosesor Qualcomm MSM 8255 Snapdragon dengan kecepatan 1GHz.
“Adanya RAM 512 MB dan unit prosesor grafis Andreno 205 juga cukup mengangkat kinerja grafis ponsel ini,” terang Frontliner Berlian Cell Malang, Danu Haidar.
Untuk ukuran smartphone seharga tak sampai Rp 3 juta, Xperia Neo L terbilang cukup memuaskan. Kemampuannya yang ciamik membuatnya juga cocok digunakan untuk bermain games. Sebut saja permainan sejenis Angry Birds Space atau Fruit Ninja. Ini karena Neo L memiliki layar seluas 4 inci beresolusi 480x540 piksel kapasitif empat jari.
Bukan Sony namanya jika tidak membekali smartphone besutannya dengan kamera berkualitas. Karena itulah, vendor global ini telah mempersenjatai Neo L dengan kamera bersensor 5 megapiksel dengan LED Flash. Fitur kameranya meliputi auto focus, white balance, night mode dan exposure.
Kamera utama Neo L mampu merekam video resolusi 720p dengan kecepatan 30fps. Sedangkan kamera sekundernya beresolusi VGA. Sebagai penunjang, Sony juga telah membekali smartphone ini dengan aplikasi edit foto bawaan. “Ketika melihat foto di galeri, cukup tekan tombol fisik menu dan pilih edit. Nanti bisa menambahkan efek dan filter, mengatur warna, crop, flip dan sebagainya,” urai Danu kepada Malang Post.
Aplikasi bawaan lain yang dimiliki Neo L adalah Neo Reader untuk membaca Barcode 2D, McAfee Security, EA Games dan aplikasi GPS Wisepilot. Gadget ini juga dilengkapi aplikasi perkantoran OfficeSuite. Tinggal meregestrasikan email, maka pengguna sudah bisa membuka, mengedit dan membuka dokumen.
Sayangnya, Xperia Neo L hanya berjalan pada jaringan 2G dan 3G HSDPA, tidak didukung oleh jaringan 4G. Tapi hal itu bukan masalah, sebab sederet fitur yang telah disebutkan di atas tentu saja bakal memanjakan pengguna gadget dengan dimensi 121x61.1x12.2 mm ini. (tom/nda)