Menilik Kecanggihan Apple New iPad

SUPER: Fitur yang dihadirkan oleh Apple pada New iPad lebih istimewa dibandingkan sebelumnya.

Didukung Retina Display, Kamera Diupgrade Hingga 5 MP
Belum lama setelah meluncurkan New iPad, beberapa waktu lalu Apple sudah mulai memasarkan iPad 4 di berbagai belahan bumi. Padahal, euforia pecinta Apple akan hadirnya iPad 3 atau akrab disebut New iPad belum memudar. Perlukah segera mengalihkan perhatian ke generasi terbaru? Sebelum buru-buru menebus iPad 4, ada baiknya kita mencermati kemampuan iPad 3.
TENTU ada alasan mengapa New iPad masuk nominasi tablet terbaik 2012. Sebagai suksesor iPad 2 yang penjualannya berhasil di seluruh dunia, gadget yang dilepas seharga Rp 7 jutaan ini memiliki spek yang cukup mutakhir dan layak diacungi jempol. Meski bentuk fisiknya tak jauh berbeda ketimbang pendahulunya, banyak perbaikan yang disematkan Apple di tablet seberat 662 gram ini.
New iPad diotaki prosesor 1 GHz dual core ARM Cortex A-5X dengan ditunjang GPU PowerVR SGX543MP4 yang membuat kemampuannya bikin geleng-geleng kepala. Meski di Indonesia jaringan 4G belum mampu dioptimalkan, namun New iPad tetap bisa digunakan dengan menyiasati koneksi 3G HSDPA plus dukungan MicroSIM. “Didukung dengan OS 5.1 terbaru membuat piranti canggih ini semakin nyaman digunakan untuk berbagai kebutuhan,” tutur Ahmad Hanafi, Frontliner Chelsea Cell Malang.
Performa iPad 3 makin istimewa karena tampilan layarnya yang sudah mendukung Retina Display sehingga gambar yang ditampilkan sangat jelas dan jernih. Menggunakan LED-backlit IPS TFT, capasitive touchscreen, 16 juta warna dengan resolusi 1536 x 2084 piksel berukuran 9.7 inci semakin menunjukkan berkualitasnya gadget besutan Amerika ini. Apalagi layar tersebut dilapisi kaca anti baret yang didukung oleophobic coating. “Meskipun dicoba di bawah sinar matahari, kondisi layar yang menyala akan tetap terlihat jelas,” lanjut pria berjenggot tipis ini.
Untuk urusan jeprat-jepret, banyak perubahan pada New iPad dibandingkan generasi terdahulu. Jika iPad 2 masih menggunakan kamera 1 megapiksel iPad 3 telah dipersenjatai kamera 5 megapiksel. Hasil fotonya juga layak diadu dengan jepretan iPhone 4. Apalagi kamera ini didukung efek-efek yang bisa membuat foto jadi lebih menarik. Termasuk fitur Beam yang bisa membuat pengguna saling berbagi foto dengan pengguna iOS lain via WiFi.
Secara overall, bagi pengguna iPad 2 sejatinya tidak perlu beralih ke New iPad bila kebutuhannya sebatas untuk browsing atau bermain game. Bila ingin meng-upgrade menjadi New iPad hanya untuk mengejar kamera 5MP, retina display dan juga grafis quad core sebaiknya dipikirkan lagi.
“Karena meskipun sudah lebih baik lagi performanya untuk sebuah iPad, tetapi masih banyak aplikasi dan games yang belum support dengan Retina Display,” pungkas Hanafi kepada Malang Post. (tom/nda)