Cermat Memilih Ponsel Android Rp 2 Jutaan

Jika ingin memiliki ponsel Android dengan budjet Rp 2 jutaan, Anda bakal dihadapkan dengan beragam model dari berbagai vendor. Rata-rata para vendor menampilkan fitur yang hampir sama pada masing-masing produknya. Namun bukan berarti semuanya benar-benar sama. Untuk itu, Anda harus memeriksa jeroannya.
Hal pertama yang wajib Anda perhatikan adalah kemampuan otaknya. Ponsel seharga Rp 2 jutaan umumnya diotaki prosesor dual core. Ada beberapa yang masih menggunakan single core. Lebih amannya, sebaiknya Anda memilih otak dual core. Untuk ponsel yang diotaki prosesor quad core, saat ini banderol harganya masih di atas angka Rp 3 jutaan.
Setelah melihat kemampuan otak, Anda boleh menilik kinerja CPU-nya. Kinerja CPU dipengaruhi oleh clock speed. "Makin cepat clock speed-nya, makin banyak pula instruksi yang bisa dikerjakan," papar Frontliner Anis Cell, Malang Indra Brata sembari menambahkan kinerja CPU ini akan berpengaruh pada seberapa smooth user interface dan seberapa baik kinerjanya menjalankan aplikasi dan game.
Indra melanjutkan, saat memilih ponsel Android,  RAM juga menjadi pertimbangan. Aspek ini sangat berpengaruh karena merupakan suatu ruang di dalam ponsel untuk menyimpan dan menjalankan file serta aplikasi. "Semakin besar RAM, maka menjalankan aplikasi semakin mudah. Biasanya ada aplikasi yang tidak bisa dijalankan karena RAM yang tidak mencukupi," timpalnya.
Pengguna harus mengerti perbedaan ROM dan RAM. ROM hanya bisa dibaca tidak bisa diisi atau ditulis. Berisi program-program langsung dari pabrikan ponsel. Sedangkan RAM adalah bagian memori yaang bisa digunakan oleh pengguna untuk menyimpan program atau data.
Nah, jika sudah mengetahui penjabaran soal smartphone Android, baru Anda bisa mempertimbangkan jeroan ponsel Rp 2 jutaan yang ingin ditebus. (tom/nda)