Penjelajah Lokal yang Garang

MALANG - Sebagai vendor lokal, IMO Mobile tampak begitu matang mempersiapkan strategi untuk bersaing dengan pabrikan raksasa. Meski sulit untuk menghadang gempuran produk besutan vendor global di pasar gadget tanah air, setidaknya produsen lokal bisa merilis produk yang secara kemampuan layak diadu dengan banderol harga yangg ramah di kantong. IMO Discovery salah satunya.
IMO Discovery langsung memunculkan kesan elegan karena bentuknya yang ergonomis. Pada bagian depan, tidak ada satupun tombol konvensional. Hanya terdapat empat sensitive touch key menuju ke home, back, search, dan setting. Pada sekeliling bodi ponsel, terdapat lapisan metal yang menambah kesan elegan.
Di sisi penampang visual, IMO Discovery membekali diri dengan layar TFT cukup lapang yakni 4.3 inci. Lapangnya bentang layar berpengaruh pada kepuasan visual pengguna saat  menjelajah beragam menu di dalamnya. "Apalagi saat pengguna membuka fitur video atau sekadar menikmati tayangan YouTube," ujar Frontliner Sentral Mobile Shop Malang, Abdul Kadir.
Tak hanya itu, layar sentuh IMO Discovery berjenis capacitive touchscreen dan  sudah mendukung 5 point multitouch yang sangat responsif terhadap sapuan jari. Tidak seperti kebanyakan ponsel lokal lain yang menggunakan material plastik berkualitas rendah, IMO Discovery mengandalkan plastik solid yang keras dan kokoh.
Tampilan interface IMO Discovery sangat apik dan futuristik. Sudah mencirikan smartphone branded kelas atas, mulai dari live wallpaper-nya hingga direction untuk memilih apps yang dijadikan favorit Apps di Homescreen.
Dari sisi kinerja ponsel, hardware IMO Discovery  didukung oleh prosesor Dual Core 1 GHz. Chipset yang digunakan masih khas ponsel lokal yakni  MTK 6577, dengan CPU ARMv6  dan berjalan dengan OS Android v4.0 Ice Cream Sandwich .
Kombinasi ini didukung pula dengan ruang memori internal RAM 512 MB serta NAND FLASH 4GB plus slot microSD up to 32GB, yang membuat performa keseluruhan IMO Discovery  terbilang prima untuk ukuran ponsel Android di kelas menengah. Kecepatan kinerja CPU dual core besutan MediaTek Inc.
"Ini yang layak jadi pertimbangan. Bila ingin membeli ponsel Android lokal, carilah yang berplatform MTK6577 untuk kenyaman bermain game dan browsing. Dan IMO Discovery salah satu ponsel yang berplatform MTK6577 dan layak dijadikan referensi," beber Kadir kepada Malang Post.
Dengan menggunakan browser ICS yang dimilikinya, pengguna dapat membuka hingga sembilan halaman sekaligus. Browsernya juga telah mendukung konten flash. Untuk mengakses data, selain melalui Wi-Fi pengguna dapat menggunakan data operator. "Sedangkan untuk keperluan transfer data bisa memanfaatkan Bluetooth dan kabel data yang disertakan pada paket penjualan," imbuhnya menjelaskan.
Posel ini memiliki kamera utama dengan resolusi cukup besar untuk smartphone sekelasnya, yakni 8 MP. Sebagai penyempurna hasil gambar, ponsel ini pun memberikan beragam settingan di dalamnya. Sedangkan pada kamera sekunder, IMO Discovery mampu menjepret gambar dengan maksimal resolusi 0.3 MP. Kamera pun dapat difungsikan sebagai perekam video.
Di hiburan audio, IMO Discovery  dibekali dengan pemutar MP3 dengan tampilan pemutar musik sedikit berbeda dengan tampilan pemutar musik di ponsel lokal lainnya. Jika album artnya tidak dikenali, visualnya diwakili oleh gambar birama. Sisa ruang lainnya dipadati dengan judul, artis, durasi, dan panel audio.
Kualitas output audionya kuat dan nyaring, meskipun desain lubang speakernya dibuat minimalis. Sedangkan untuk FM Radio, terdapat fitur FM Recorder dan Definite Time. "Baik FM Radio dan MP3-nya bekerja multitasking," pungkas Kadir.
Tak salah bila IMO Discovery layak jadi referensi smartphone kelas low end.  Dengan harga kisaran Rp 1 jutaan, gadget ini cocok bagi mereka yang menginginkan perangkat handal dari sisi kinerja, sistem operasi mutakhir, koneksi lengkap dan kaya akan fitur  multimedia. (tom/nda)