Telusuri Halaman Situs Tanpa Sentuhan

Meski sudah diluncurkan sejak pertengahan tahun lalu, Sony Xperia Sola belum kehilangan pesonanya. Mengandalkan kemampuan Floating Touch, ponsel besutan Sony yang ditujukan untuk segmen menengah atas ini terbukti masih bisa eksis di pasaran. Padahal, gelontoran varian smartphone yang kian mutakhir tak bisa dibendung. Apa yang membuatnya masih layak bersaing?

Xperia Sola memang tampil menggebrak berkat kemampuan Floating Touch Display alias sentuhan yang melayang. Cara ini sama seperti ketika mengarahkan kursor tanpa benar-benar menyentuh layar saat sudah menemukan tautan yang diinginkan, baru diberi sentuhan lantas halaman tersebut akan terbuka. “Dengan fitur ini, pengguna cukup melayangkan jari di atas layar saat menelusuri halaman situs,” ujar promotor Sony Malang, Sindy Meyrilda.
Itu saja kelebihannya? Tentu tidak. Sony Xperia Sola diberi kekuatan prosesor dual core 1 GHz Cortex-A9, chipset NovaThor U8500 dan GPU Mali-400 yang sangat menunjang kala dipakai menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan. “Sistem operasinya masih Android Gingerbread tapi bisa diupgrade jadi Ice Cream Sandwich,” lanjutnya kepada Malang Post.
Bukan hanya mumpuni dari segi kemampuan, smartphone yang dibanderol Rp 2,5 jutaan ini juga ciamik dari sektor tampilan. Xperia Sola dilapisi material alumunium dengan konsep NXT series terbaru. Dengan dimensi 116x59x9.9 mm dan berat 107 gram, ponsel ini digolongkan menjadi metal clad smartphone.
Layar gadget ini juga tak main-main. Karena sudah menggunakan tipe LED-backlit LCD, capacitive touchscreen, 16 juta warna dengan ukuran 480x854 piksel berukuran 3.7 inci yang diproteksi Scratch-resistant glass dengan teknologi Sony Mobile BRAVIA Engine. “Layarnya saja sudah berkualitas tinggi,” tandas Sindy.
Untuk urusan konektivitas, ponsel ini dibekali GPRS, EDGE, HSDPA, 14.4 Mbps, HSUPA 5.76 Mbps dan untuk WLAN ada WiFi 802.11 b/g/n, DLNA, WiFi hotspot Bluetooth v3.0 dengan A2DP, EDR dan microUSB v2.0. Baterai yang digunakan adalah Li-Ion 1320 mAh dengan durasi bicara enam jam dan kemampuan stand by hingga 470 jam.
Sony Xperia Sola dipersenjatai kamera belakang 5 megapiksel disertai autofocus, LED flash dengan fitur Geo-tagging, touch focus, face and smile detection, 3D Sweep Panorama dan Image Stabilization. “Smartphone ini memiliki kelebihan 3D panorama yang bisa mengambil gambar wide screen,” sebut dara manis tersebut.
Selain itu, Xperia Sola juga masih dilengkapi fitur unggulan lain seperti browser HTML5, Adobe Flash, Stereo FM radio dengan RDS, GPS dengan A-GPS support hingga Google Search, Maps, Gmail dan YouTube. Tentu saja hal ini semakin memperkuat nilai jual ponsel yang bisa dipasang 3,5mm jack dengan 3D Surround Sound Enhancement untuk memperkuat kemampuan audionya tersebut. (tom/nda)