Berplatform Java, Dilengkapi Koneksi WiFi

MALANG- Tren smartphone berlayar jumbo agaknya menginspirasi hampir tiap vendor ponsel untuk menggarap segmen serupa. Bukan hanya vendor branded, merk lokal pun tampaknya tertantang menawarkan ponsel dengan bentang layar ‘raksasa’. Mulai yang didukung sistem operasi Android, hingga yang cuma mengandalkan platform proprietary. Sebut saja Asiafone AF-929.
Didukung layar sentuh 5 inci, ponsel yang dibanderol Rp 650 ribu ini tampil cukup stylish. Desainnya terkesan mirip dengan Samsung Galaxy Note. Sisi depannya didominasi layar dan hanya menyisakan bagian kecil untuk tombol akses di sisi bawah guna memilih menu, home dan back.  
Sekalipun hanya berplatform Java, tapi Asiafone AF-929 tetap didukung fasilitas yang mumpuni. Salah satunya adalah fitur TV Analog yang dibekali kemampuan mencari channel otomatis maupun manual. “Untuk ponsel kelas low end, fitur hiburan seperti ini tetap menjadi salah satu magnet pemikat di mata konsumen,” terang Frontliner Kring Cell Malang, Kristian.
Asiafone juga mempersenjatai gadget besutannya ini dengan kamera 1.3 megapiksel yang didukung LED flash dan kemampuan merekam video. Kamera ini dapat juga dijadikan webcam. Sebagai ponsel kategori hiburan, tipe AF-929 ini juga menyediakan fitur audio dan video player, FM Radio serta tak ketinggalan slot kartu memori ekspansi berjenis MicroSD untuk menyimpan berbagai file.
Semakin membuat Asiafone AF-929 tampak mutakhir tentu saja karena telah dilengkapi koneksi WiFi, Bluetooth dan juga port kabel data. Untuk kebutuhan browsIing, akses WiFi ini dapat dijadikan kanal data selain network operator yang hanya mendukung GPRS. “Ini nilai lebih tersendiri bagi ponsel seharga setengah jutaan. Karena umumnya produk serupa merk lain tidak dibekali kemampuan WiFi,” beber pria yang akrab disapa Kris itu.
Tak hanya itu, Asiafone AF-929 juga dilengkapi beragam launcher untuk mengakses layanan online semisal Facebook, Twitter dan beragam layanan chatting. Bisa disimpulkan, meski belum mengusung sistem operasi layaknya smartphone yang marak beredar, ponsel berplatform Java ini mampu menawarkan desain yang elegan, fitur komplet serta konektivitas yang tidak ketinggalan zaman di era masa kini. (tom/nda)