Perkawinan Antara Tablet dengan Laptop

MALANG - Selain melancarkan agresi dengan gelontoran produk smartphone, Samsung terus menggempur pasar gadget tanah air dengan beragam inovasi terbaru. Di penghujung tahun lalu, pabrikan asal Korea itu mulai meluncurkan Samsung Ativ Smart PC yang merupakan kombinasi tablet dan laptop.  
Konsep penggabungan tablet PC dengan komputer jinjing itulah yang membuat Samsung Ativ Smart dinilai unik dan layak dijagokan di tahun 2013. Di Indonesia, Samsung memasarkan dua varian Ativ. “Ada Samsung Ativ Smart PC yang dipersenjatai Intel Atom dan SSD 64 GB, serta Ativ Smart PC Pro yang sudah mengusung Intel Core i5 dan memori SSD 128 GB,” ujar Marketing Samsung Corner Dieng Plaza, Rony Arga.
Samsung Ativ Smart PC merupakan perangkat hybrid kombinasi antara tablet dan notebook yang dapat berubah fungsi menjadi Tablet PC dengan melepas bagian keyboard dari notebook ini, Samsung Ativ Smart PC berjalan dengan sistem operasi Windows 8 dengan menggunakan layar sentuh yang sensitif, ukuran 11,6 inci resolusi 1.366x768 pixel dengan aspek rasio 16:9.
Kecerdasan Samsung ATIV Smart PC ini dimotori prosesor Intel Atom Z2760, RAM sebesar 2 GB dan kapasitas 128 GB SSD storage. Piranti ini dibekali dual kamera dengan sensor 8 megapiksel dan 2 megapiksel. “Harganya Rp 9,5 juta. Cukup relevan mengingat spesifikasinya yang luar biasa,” beber Rony.
Produk unggulan ini dibekali S Pen sebagai input pada layar sentuh, Bluetooth, mHDMI, Wi-Fi dan slot kartu SIM untuk koneksi internet 3G. Selain itu terdapat juga fitur tambahan seperti Evernote, pemutar media multi media S Player, pesan instan ChatOn, Kindle, Skype, antivirus Norton, serta kamus Merriam Webster.
Sementara itu, Samsung Ativ Smart PC Pro bisa dibilang sebagai versi besar dan tebalnya dari Samsung Ativ Smart PC karena sebenarnya sama-sama mengusung sistem operasi Windows 8. Tablet hybrid yang satu ini lebih pantas disandingkan dengan laptop full ketimbang netbook. “Perangkat ini ditujukan untuk para profesional yang bergerak di bidang kreatif desain dan bisnis, bukan seperti tablet biasa yang justru lebih banyak dipakai untuk sekadar bermain games,” tuturnya kepada Malang Post.
Samsung Ativ Smart PC Pro dibekali prosesor generasi ketiga dari Intel Core i5 yang memberikan kemampuan edit foto dan tentunya juga mumpuni untuk bermain game. Kemampuan ekstra inilah yang membuat bodi tablet harus lebih tebal. Selain untuk gaya, bodi tablet juga berfungsi sebagai tempat yang menunjang ventilasi udara, agar hardware di dalamnya tidak overheat.
Samsung Ativ Smart PC Pro diklaim memiliki baterai yang sanggup bertahan selama delapan jam dan lima jam untuk memutar video. Versi Pro memiliki RAM berkapasitas 4G dan SSD Drive 256 GB, jauh diatas Smart PC versi biasa. Sehingga sangat layak bila tablet hybrid yang dibanderol kisaran Rp 13 juta ini disandingkan dengan ultrabook dan HOME PC. (tom/nda)