Tablet Bisa, TV Juga Bisa

MALANG- Sebagai produsen lokal, Advan tampaknya tak mau kalah telak dalam persaingan pasar tablet tanah air. Advan pun mulai merilis tablet Android murah untuk menahan gempuran kompetitor yang menyasar segmen serupa. Setelah sukses mengeluarkan beberapa tipe tablet seperti Vandroid T2i, Vandroid T2C, Vandroid T4i, Vandroid T1C dan Vandroid T6, mereka meluncurkan Advan T2V yang memiliki kemampuan telepon dan SMS.
Selama ini, tak banyak produk tablet yang dibekali kemampuan serupa. Jarang sekali produsen mempersenjatai tablet besutannya dengan kemampuan penunjang komunikasi seperti telepon dan SMS. Hal inilah yang menjadi salah satu nilai lebih Advan T2V yang dibanderol Rp 1,2 juta. “Pastinya kelebihan ini menjadi daya pikat tersendiri Advan T2V. Karena kompetitor belum tentu berkemampuan telepon dan SMS,” ujar Frontliner Apollo Cell Malang, Sri Agus.
Tak kalah mutakhir adalah adanya fitur TV digital di tablet ini. Sehingga pengguna T2V bisa menonton acara TV dimanapun dan kapapun berada. Hadirnya teknologi HD video juga semakin memanjakan mata pengguna dengan kualitas gambar video yang lebih jelas dan jernih. “Umumnya produk lokal yang dipersenjatai fitur TV digital adalah feature phone kategori hiburan. Advan memadukan kemampuan tersebut di dalam T2V,” imbuh wanita yang akrab dipanggil Uun itu.
Selain itu, keunggulan lain PC Tablet ini tentu saja keberadaan multi finger touch yang memungkinkan pengguna melakukan zoom, scroll, pan dan rotasi secara digital dengan hanya menggunakan gerakan jari tangan. Teknologi ini juga dapat mengenali gerakan tangan untuk membuka fitur-fitur yang umum digunakan di Adobe Photoshop.
Advan T2V juga telah dilengkapi dengan berbagai perangkat koneksi yang mempermudah urusan browsing atau sekadar aktif di situs jejaring sosial seperti Twitter ataupun Facebook. Di dalam gadget ini telah tertanam HDMI connection yang menyediakan antarmuka antar beberapa sumber audio/video digital yang cocok.
Selain tetap bisa memanfaatkan fungsi telepon dan SMS, hadirnya 3.5G connection juga meningkatkan kecepatan transfer data 5x lebih tinggi. Adanya fitur WiFi memungkinkan pengguna untuk online dan browsing internet di tempat berhot-spot. “Di situ juga sudah ada USB connection yang akan memudahkan urusan transfer data,” timpal Uun kepada Malang Post.
Dengan prosesor ARM-V6 1 GHz yang menunjang sistem operasi Android Gingerbread di dalamnya, gadget Advan ini diklaim cocok bagi pengguna yang suka memainkan games di tablet. Permainan tiga dimensi bisa dimainkan dengan lancar dan nyaris tanpa gangguan teknis. Sedangkan teknologi V Color Engine memberikan tampilan gambar yang ciamik. (tom/nda)