Smartphone Low End, Prosesor 1 GHz

MALANG - Dinamika perkembangan zaman tak bisa ditampik. Kecanggihan teknologi pun semakin merakyat. Jika setahun yang lalu smartphone dengan prosesor 1 GHz mustahil disematkan dalam handset Rp 800 ribuan, kini prosesor berkekuatan mutakhir bahkan sudah disematkan di smartphone low end. Salah satunya  IMO S79 Explorer S.
IMO Explorer S memiliki bentuk yang mungil dengan sudut-sudut ergonomis dan sedikit membulat dibagian atas dan bawah body. Bahan metal melilit hampir seluruh pinggiran body menambah kesan dinamis nan manis. Material plastic solid dengan finishing mengkilat dipilih sebagai bahan utama casing pembungkus body. “Bisa dibilang ini menjadi nilai lebih IMO Explorer S dibandingkan kompetitor sekelas yang kebanyakan masih memakai material plastik yang terkesan ringkih,” papar Frontliner Sentral Mobile Shop, Abdul Kadir.
Untuk smartphone murah seharga Rp 800 ribuan, layar sentuh TFT kapasitif yang dimiliki cukup bagus. Layar berukuran 3.5 inci dengan kedalaman resolusi 320 x 480 piksel (HVGA) ini mampu menampilkan kontras warna yang baik. “Kalau dibandingkan smartphone lokal entry level yang lain, besutan IMO yang satu ini layak dikedepankan,” imbuhnya kepada Malang Post.
Piranti mutakhir nan ramah di kantong ini ditenagai oleh prosesor single-core MTK6575 Cortex-A9 yang mampu melaju dengan kecepatan 1GHz. Hasilnya, tentu saja peningkatan performa yang semakin baik. Sebagai penunjang spesifikasi, IMO Explores S memiliki RAM 512 MB dan ROM 512 MB.
Dari segi konektivitas, IMO S79 Explorer S termasuk cukup komplet. Smartphone yang mendukung dual-SIM dual-on ini bisa berjalan diatas sinyal HSDPA dengan kecepatan hingga 7.2Mbps, mendukung Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, mampu dijadikan hotspot portabel untuk berbagi internet dan bisa sharing data via Bluetooth yang sudah disertai teknologi A2DP. “Untuk akses internet bebas dilakukan menggunakan SIM1, SIM2, WiFi maupun Bluetooth,” tambah Kadir.
IMO memilih Android 2.3.6 Gingerbread sebagai program yang mengelola sumber daya S79 Explorer S. Dengan Android versi ini, pemrosesan data mulus tanpa kendala ditangan prosesor MTK6575. Explorer S terasa lebih cekatan dan pintar, hampir semua aplikasi dapat dibuka-tutup tanpa lag berarti.
Untuk sektor pengambilan gambar, smartphone ini dibekali dua kamera depan dan belakang yang masing-masing bisa digunakan untuk mengabadikan gambar juga merekam video. Kamera utama yang berada di bagian belakang, memiliki ketajaman 2.0 megapixel dan cukup untuk keperluan dokumentasi amatir. Sedangkan kamera bagian depan, dapat menjalankan fungsinya dengan baik sebagai kamera untuk video-call. (tom/nda)