Dakota Masih Menawan

MALANG - Pecinta smartphone besutan Research In Motion (RIM) saat ini tengah menanti kehadiran BlackBerry 10 yang rencananya launching akhir Januari nanti. Kendati demikian, popularitas varian lain dari BlackBerry belum juga memudar, salah satunya Bold 9900.
Smartphone yang akrab disebut Dakota itu tetap tampil menawan dan mencuri perhatian meski sudah dilepas ke pasaran sejak 2011 silam. Mengandalkan keyboard QWERTY yang lebar dan nyaman serta dukungan layar sentuh kapasitif, gadget berprosesor 1.2 GHz ini menawarkan sesuatu yang berbeda dibandingkan para pendahulunya.
Sekilas, tampilan Dakota tak jauh beda dengan pendahulunya, yaitu BlackBerry Bold 9000. Namun jika dibandingkan lebih detail, desain Bold 9900 lebih tipis dan hanya 10,5 mm saja.
Dakota tampak lebih lebar dan elegan. Bobotnya pun terhitung ringan hanya 130 gram saja. Sekeliling Dakota dibalut dengan bezel baja poles anti karat berwarna stainless yang akan menambah kesan elegan.
Menurut promotor BlackBerry Malang, Iven Agatha, selain faktor spesifikasi, daya pikat utama BB Dakota adalah penampilannya tersebut. “Secara kesuluruhan desain dan bodinya cukup sempurna. Desainnya elegan, bentuk dan ukurannya pun enak untuk digenggam, terasa nyaman untuk mengetik di papan ketik full QWERTY. Bobot yang cukup ringan menjadi nilai tambah,” urainya kepada Malang Post.
Pilihan warna menjadi salah satu aspek penampilan yang turut mempengaruhi smartphone seharga Rp 5,7 jutaan tersebut. Di Malang, BB Dakota warna putih termasuk paling banyak diburu. Karena tampak bersih dan terkesan premium, tak heran bila Dakota White diminati masyarakat.
“Selama ini banyak cari yang putih. Harganya tidak berbeda dengan yang warna hitam,” tandasnya.
Keunggulan itulah yang tampaknya menyilaukan mata pecinta BlackBerry sekalipun Dakota tidak dilengkapi fitur auto focus pada kamera 5 megapiksel yang disematkan di bagian belakang body. Padahal, fitur tersebut cukup krusial bagi pengguna yang doyan fotografi. Efeknya, urusan jeprat-jepret gambar jadi kurang memuaskan.
Bold 9900 alias Dakota semakin memanjakan pengguna karena dukungan layar sentuh yang memudahkan proses scrolling, swiping dan zooming (pinch zoom). Pinch zoom pada layar sentuh berjalan sangat baik dan halus. Smartphone ini menggunakan antar muka dari BlackBerry OS 7.
Secara keseluruhan performa BlackBerry Bold 9900 a.k.a Dakota sangat baik dan cepat berkat dukungan prosesor 1.2 Ghz. Fitur-fitur dan aplikasi bawaannya sangat banyak dan bermanfaat.
Kualitas layar dan suara cukup bagus. Dalam hal koneksi juga mumpuni, lantaran browser mendapatkan peningkatan berarti dibanding generasi sebelumnya. “Kecepatan loading dan renderingnya sangat baik. Browser pada Dakota mampu membuka 25 halaman web bersamaan dan masih bisa ditambah lagi jika diinginkan,” pungkas Iven.(tom/fia)