Tanpa Slot SIM Card, Manfaatkan Modem 3G Eksternal

MALANG- Produsen lokal, Treq kembali melepas gadget anyarnya di awal tahun 2013. Setelah sukses meluncurkan Treq Turbo yang diklaim sebagai tablet Android lokal pertama yang berplatform sistem operasi Android Jelly Bean, kini mereka menawarkan tablet berlayar jumbo bernama Treq Book.
Piranti seharga Rp 1 jutaan ini memiliki bentang layar seluas 8 inci berkemampuan kapasitif lima point sentuhan. Layar WVGA capasitive touchscreen ini memiliki resolusi 800 x 600 piksel dengan aspek rasio 4:3. “Dengan layar ekstra luas, tentu saja Treq Book cukup memanjakan penggunanya,” tutur Marketing Murahkom Malang, Rendy Alfian.
Treq Book dibekali prosesor yang cukup mumpuni sehingga layak bersaing dengan kompetitor di pasar gadget tanah air. Tablet ini diotaki prosesor VIA 8850 ARM Cortex A9 berkecepatan 1.2 GHz dengan GPU Mali-400. Dapur pacu tersebut mendukung sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS) yang menjalankannya.
Spek tersebut tentunya sudah mendukung lebih banyak aplikasi Android yang bisa diinstal oleh pengguna Treq Book. Apalagi gadget ini dilengkapi memori RAM DDR3 yang sangat besar. Aksi multitasking tablet ini ditunjang hingga 1GB. Sedangkan memori internalnya bisa dipilih yang berkapasitas 8 GB atau 16 GB.
Kapasitas sebesar itu sebenarnya sudah cukup, namun Treq tetap memberikan slot MicroSD di dalamnya sebagai opsi kepada pengguna untuk meningkatkan kapasitas penyimpanannya. “Untuk Treq Book 8 GB harganya Rp 1,2 juta. Sedangkan yang 16GB dibanderol Rp 1,3 juta,” beber Rendy kepada Malang Post.
Sayangnya tidak ada slot SIM Card pada tablet ini. Sehingga praktis tidak bisa dimanfaatkan untuk telepon dan SMS. Pengguna bisa menggunakan modem 3G eksternal untuk mengakses internet. “Memang terkesan tidak praktis namun sebagai alternatif, pengguna bisa memanfaatkan WiFi yang sudah built in di dalamnya,” timpal pria berkacamata ini.
Tablet ini juga dipersenjatai dua buah kamera sebagai media hiburan. Kamera utama beresolusi 2 megapiksel, sedangkan kamera kedua hanya berkemampuan 0.3 megapiksel. Media hiburan lain yang tak luput ditanamkan di dalamnya antara lain pemutar media yang mendukung file audio berformat MP3, WMA, MP2, AAC dan WAV dan juga file video mulai dari AVI sampai MP4. (tom/nda)