Gadget Nyentrik bin Nyeleneh

Rupa-rupa Tekno
Ajang Consumer Electronic Show (CES) 2013 tidak hanya dijejali dengan berbagai inovasi canggih. Namun juga diramaikan oleh sederet gadget unik, bahkan bisa dibilang nyentrik.
Apa Anda pernah membayangkan dudukan toilet akan mejeng di tengah pesta gadget dunia? Ya, itulah salah satu perangkat nyentrik yang muncul di panggung CES 2013.
Itu baru satu, dan masih ada banyak gadget unik lainnya yang tak kalah nyeleneh. Beberapa di antaranya memang muka lama. Maksudnya, pernah dipamerkan di ajang lain. Namun tetap saja menarik perhatian banyak orang.
Nah, gadget-gadget apa saja yang dianggap unik bin nyentrik. Berikut beberapa di antaranya seperti dilansir PC Mag.
1.    Telinga Kucing
Neuosky Necomimi Brainwave Cat Ears menjadi salah satu gadget muka lama yang meramaikan CES 2013, Las Vegas, Amerika Serikat. Perangkat dengan aksesoris telinga kucing ini akan bergerak naik atau turun sesuai dengan emosi yang tengah dirasakan penggunanya.
Diciptakan oleh perusahaan elektronik asal Jepang Neurowear, gadget bernama Necomimi ini digunakan seperti bando di kepala. Saat digunakan, Necomimi akan langsung bereaksi dengan gelombang otak si pengguna melalui biosensor EEG.
Meski fungsi utamanya menampilkan emosi, Necomimi bisa juga dimanfaatkan untuk keperluan medis. Misalnya, untuk penderita kelainan mental, Necomimi bisa digunakan untuk mengkomunikasikan perasaan mereka untuk menghindari kesalahpahaman.
2.    Dudukan Toilet
CTA iPotty adalah perangkat berbentuk dudukan toilet yang sempat disebutkan di awal artikel. Tentu saja ia bukan dudukan toilet biasa. Melainkan khusus didesain untuk mengajarkan anak-anak untuk buang air pada tempatnya.
Alhasil, bentuknya pun dibuat semenarik mungkin agar dilirik anak-anak. Mulai dari warnanya yang ngejreng sampai dilengkapi dengan tempat untuk menaruh iPad. Ya, agak nyeleneh memang. Namun tujuannya adalah agar membuat si anak betah dan menikmati saat-saat buang airnya. Jangan khawatir, CTA iPotty sudah dilengkapi dengan touch screen protector. Namun alat seharga USD 39,99 dijual terpisah dengan iPad-nya loh.
3.    Extraterrestrial Technology Quantum Vet
Dari namanya saja, produk ini terdengar begitu rumit. Ya, sesuai namanya, Extraterrestrial Technology Quantum Vet pun diklaim memiliki kemampuan unik. Perangkat ini diklaim bisa memaksimalkan ponsel untuk mendiagnosa masalah kesehatan bagi hewan piaraan Anda di rumah.
Bahkan, rekomendasi yang ditawarkan Extraterrestrial Technology Quantum Vet termasuk sikap yang harus diambil pengguna untuk merawat hewan peliharaannya. Sayang, seperti dilansir Pc Mag, tidak disebutkan dengan lebih detail darimana rekomendasi yang didapatkan Extraterrestrial Technology Quantum Vet tersebut.
4.    Shower Radio
Satsuma Shower Radio sepertinya cocok bagi Anda yang suka menikmati alunan musik selama di kamar mandi. Ya, ini memang perangkat yang khusus dibuat untuk mengakomodir kebiasaan tersebut dan yang pasti anti air.  Cukup dipasang di tempat yang dipilih di dalam kamar mandi, Satzuma Shower Radio kemudian bisa jadi teman Anda untuk bersenandung ria dari dalam kamar mandi.
5.    Komputer Mini
Kehadiran komputer mini sejatinya sudah bukan barang baru lagi. Namun perangkat bernama CTX MISEETX All-in-One Microcomputer ini, menawarkan sesuatu yang berbeda. Perbedaan itu terletak dari kelengkapan fitur yang dimiliki, meski terbatas dari sisi ruang dimensi.
Meski berbentuk mungil, CTX MISEETX All-in-One Microcomputer dilengkapi dengan layar built-in, pico proyektor, serta laser keyboard. Untuk mengoperasikannya pun sedikit berbeda, ia tidak membutuhkan mouse, keyboard, atau monitor tambahan.
6.    Robot Joget
Tosy mRobo Ultra Bass adalah robot yang bisa joget dan disertai dengan built-in speaker. Sangat menarik melihatnya berjoget saat ditemani dengan alunan musik yang ngebeat. Padahal, ini salah satu gadget lawas, dan pernah tampil pula di CES 2012.
Saat meramaikan CES 2012, Tosy mRobo Ultra Bass bahkan beraksi di depan penyanyi idola remaja, Justin Bieber. Robot ini sendiri sejatinya merupakan sebuah speaker portabel. Tosy punya kapasitas penyimpanan internal 2GB sehingga dapat menyimpan sekitar 500 lagu. Nah, begitu lagu diputar, robot ini bisa mengikuti ritmenya dan berdansa. Kepala, tangan dan kakinya dapat bergerak-gerak.
7.    Kacamata Tidur
Ini juga salah satu produk nyentrik yang mencuri perhatian selama pagelaran CES 2013. Lihat saja bentuknya yang nyeleneh. Sesuai gayanya, kacamata ini juga memiliki fungsi yang tak biasa, yakni untuk membantu orang-orang yang sulit tidur.
Kacamata yang oleh produsennya diberi sebutan Re-Timer's goofy glasses tersebut bekerja melalui sinar hijau yang dipancarkannya. Bagi pengguna yang mengalami kesulitan tidur hanya perlu menggunakan kacamata tersebut selama 50 menit sebelum tidur.
Untuk kasus yang lebih berat, bahkan pengguna disarankan untuk menggunakannya kembali setelah bangun tidur selama 50 menit agar khasiatnya dapat cepat terasa. Sayangnya, harga yang ditawarkan untuk menebus Re-Timer's goofy glasses ini terbilang cukup tinggi, yakni sebesar USD 274 atau sekitar Rp 2,6 jutaan. (dtc/nda)