‘Menghilang’ di Pasaran

LARIS MANIS: Samsung Galaxy Tab 2 7.0 terus diburu oleh masyarakat. Saking larisnya, stok gadget ini di pasaran kini jadi langka.

Samsung Galaxy Tab 2 7.0
MALANG- Tak salah bila Samsung Galaxy Tab 2 7.0 dinobatkan sebagai tablet terbaik di tahun 2012 lalu. Bila menilik tingginya animo masyarakat pecinta gadget terhadap piranti seharga Rp 3,5 jutaan tersebut, predikat tersebut agaknya tak berlebihan. Saking larisnya, kini tablet dengan PLS LCD capacitive touchscreen 7 inci itu ‘menghilang’ di pasaran.
Cukup sulit menebus piranti besutan vendor asal Negeri Ginseng tersebut. Bukan karena Samsung Mobile tidak lagi memproduksi tablet 7 inci itu, namun karena keterbatasan stok. “Sejak akhir tahun lalu memang sangat laris. Begitu datang satu unit, langsung terjual. Setiap harinya selalu ada yang menanyakan,” ujar Sales Division Global Teleshop Malang, Andy Prasetya.
Berbeda dengan komputer tablet pada umumnya yang menjalankan Andorid Honeycomb, Galaxy Tab 2 7.0 justru menggunakan Android OS versi 4.0 Ice Cream Sandwich. Gadget ini diotaki prosesor Dual-Core berkecepatan 1 GHz dan RAM 1GB yang mendukung multitasking. Sebuah prosesor yang dapat diandalkan untuk melakukan berbagai kegiatan seperti membuka beberapa aplikasi secara bersamaan namun performanya masih tetap terjaga.
Tak heran bila tak sedikit yang rela inden produk jagoan Samsung Mobile ini. Marketing Oke Shop Malang, Yohana Safitri mengungkapkan customer harus membayar down payment (DP) dulu bila ingin memesan tablet yang memiliki dual kamera ini. “Memang mulai Desember lalu cukup sulit mendapatkannya. Customer harus inden dengan DP. Itupun menunggu sampai stok datang,” bebernya kepada Malang Post.
Selain spek yahud serta mudah digunakan, tablet ini terus diburu karena telah dipersenjatau berbagai sarana hiburan bagi penggunanya. Sebut saja audio player, video player, game, Java dan TV Out. Galaxy Tab 2 7.0 tersedia dalam tiga varian berdasarkan memori internal, yaitu 8GB, 16GB dan 32GB. Selain memori internal, Samsung juga menambahkan memori eksternal untuk menambah kapasitas ruang penyimpanan.
Pada sektor nirkabel, gadget dengan dimensi 193.7x122.4x10.5 mm dan berat 344 gram ini memiliki jalur internet 3G dengan HSDPA berkecepatan 21 Mbps dan HSUPA berkecepatan 5.76 Mbps. Di samping jalur internet tersebut, Samsung juga menambahkan jalur WiFi untuk mengakomodasi penggunanya disaat mendapatkan jaringan seluler yang tidak memadai. Tak hanya itu Bluetooth v3.0, microUSB v2.0 dan USB On-the-go support juga dihadirkan guna melengkapi sektor konektivitas.
Belum bisa dipastikan kapan peredaran Samsung Galaxy Tab 2 7.0 bakal kembali normal. Melihat tingginya permintaan, tren tablet yang satu ini tampaknya akan tetap berjaya sepanjang tahun Ular Air. “Dalam hitungan dua bulan saja, kalau dirata-rata satu gerai bisa laku sampai 20 unit. Itu kalau stok mencukupi,” imbuh promotor Samsung Malang, Ratna Lukita. (tom/nda)