Ramaikan Pasar Ponsel Jumbo

MALANG- Tahun 2013 bakal menjadi tahunnya phablet. Pasalnya semakin banyak vendor yang meluncurkan ponsel berukuran jumbo. Tak hanya pabrikan raksasa, trend ini juga diikuti produsen lokal seperti Advan. Baru saja mereka merilis Advan Vandroid S5A sebagai penerus generasi Vandroid S5 dan S5N.
Sepintas, desain Advan Vandroid S5A mirip sekali dengan Samsung Galaxy Note II. Walaupun mengusung tagline yang senada, namun tentu saja soal kemampuan masih ada kesenjangan antara besutan Advan seharga Rp 1,3 juta ini bila dibandingkan Note II yang dibanderol hampir tiga kali lipat.
Vandroid S5A hadir dengan bodi plastik berdimensi 149x59x12,2 mm. Tentu saja karena mengadopsi konsep phablet nan stylish, tampilannya cukup memikat sehingga menambah kesan elegan. "Layar 5 inci yang dimiliki phablet ini pasti membuat penggunanya merasa lega," ujar Frontliner Swisscom Malang, Ayu Fitri.
Jagoan Advan ini berjalan dengan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS). Kemampuannya juga tak patut dianggap remeh, karena phablet ini diotaki prosesor Cortex A9 1GHz yang berpasangan dengan RAM 512 MB sehingga dapur pacunya layak diacungi jempol. "Kemampuannya sudah oke punya, jadi rasanya tak kalah seperti menggunakan phablet produk branded," imbuh Ayu.
Gadget ini diklaim cocok bagi pengguna dari kalangan pecinta game alias gamers karena memang menunjang kemampuan gaming. Ketika digunakan bermain game populer macam Subway Surf, Rope Escape atau Angry Birds Star Wars, diijamin tak ada gangguan berarti karena suhu perangkat dipastikan stabil.
Menambah nilai plus Advan Vandroid S5A adalah kemampuan dual GSM yang dimilikinya. Tentu saja artinya phablet ini bisa digunakan untuk kegiatan berkomunikasi. Slot SIM Card nya mengapit slot MicroSD. Di sisi kanan bodinya ada tombol power, sedangkan di bagian kiri disematkan tombol pengatur volume. Sementara port charger terletak di bagian bawah, karena audio jack menempati bagian atas.
Salah satu sektor unggulan Vandroid S5A tentu saja kemampuan kameranya yang sudah beresolusi 8 megapiksel. Pengguna dijamin terpuaskan dalam urusan jeprat-jepret foto. "Layar S5A memang kalah luas dibandingkan seri S5, tapi kemampuan kameranya jauh lebih baik. Di sinilah nilai plusnya," beber Ayu kepada Malang Post. (tom/nda)