Empat Smartphone Baru Sony Siap Rilis

MALANG - Belum ada gebrakan berarti dari Sony Mobile di awal tahun 2013. Vendor global itu masih mengadalkkan keluarga Xperia keluaran 2012 sebagai jagoan di pembuka tahun ini. Tiga varian yang terakhir diluncurkan adalah Xperia Miro, Xperia J dan Xperia SL.
Namun, bukan berarti Sony tinggal diam melihat para kompetitor tengah bersiap melancarkan produk terbaru. Diam-diam, mereka juga sedang menyiapkan strategi launching smartphone anyar. "Belum bisa dipastikan kapan produk baru dilaunching. Yang pasti ada tiga sampai empat smartphone baru siap rilis. Bisa jadi bulan Maret jadi waktu yang paling tepat," terang Promotor Sony Malang, Sindy Meyrilda sedikit memberi bocoran.
Kabarnya, empat varian Xperia yang siap dilepas dalam waktu dekat adalah Xperia T, Xperia TX, Xperia E dan Xperia Z. "Pastinya akan ada banyak penambahan fitur dan kemampuan yang lebih mumpuni. Tapi soal spesifikasi dan harga, kita lihat saja nanti," lanjut Sindy menyiratkan teka-teki.
Sejatinya, Xperia TX sudah mulai diperkenalkan Sony di ajang IFA 2012 yang digelar di Berlin, Jerman. Xperia TX memiliki saudara kembar yang punnya spek hardware serupa, yakni Xperia T. Perbedaan keduanya hanya pada kapasitas baterai dan desain. TX berkapasitas baterai 1750 mAh, sedangkan seri T berkapasitas 1850 mAh. Besar kemungkinan seri TX yang akan dipasarkan di Indonesia.
Dari segi desain, Xperia TX sedikit lebih tipis dan ringan ketimbang Xperia T. Smartphone ini memiliki layar 4.6 inci dengan teknologi High Definition (HD) Reality Display beresolusi 1280x720 piksel. Layar TX juga didukung Mobile Bravia Engine, seperti teknologi layar televisi besutan Sony.
Dapur pacu Xperia TX diperkuat prosesor dual core Qualcomm Krait 1.5 GHz, memori internal 16GB dan berjalan dengan sistem operasi Android 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS). Smartphone ini mendukung teknologi NFC. Ponsel ini memiki kamera bersensor 13 megapiksel yang mampu merekam video HD resolusi 1080p.
Selain seri TX, Sony juga bakal meluncurkan Xperia E yang ditujukan untuk segmen menengah ke bawah. Berjalan dengan sistem operasi ICS, Xperia E menyandang layar 3.5 inci resolusi 480x320 piksel. Smartphone ini ditenagai prosesor 1GHz Qualcomm Snapdragon S1, RAM 512MB dan prosesor grafis Adreno 200. Sektor baterai berkekuatan 1520 mAh.
Tak ketinggalan juga segera menyusul adalah Sony Xperia Z. Smartphone yang kabarnya disiapkan dalam pilihan warna hitam, ungu dan putih ini memiliki desain yang mantap dan menampakkan kesan premium. Handset yang bahan pembuatannya didominasi kaca ini juga dirancang tahan air.
Salah satu sektor yang paling diunggulkan di Xperia Z adalah layar Reality Display. Dengan resolusi full definisi tinggi 1080p, tampilannya hampir dipastikan cemerlang. Ditambah lagi kepadatan pikselnya mencapai 433 ppi dan dibekali teknologi Mobile Bravia Engine yang diklaim mampu mempertajam kontras dan ketajaman foto serta video. Dengan layar besar dan resolusi tinggi, agaknya aktivitas multimedia di handset ini akan memuaskan penggunanya. (tom/nda)