Penjualan PC Anjlok

Industri komputer tampaknya masih terus menghadapi situasi sulit. Berdasarkan data terakhir yang dilansir IDC, penjualan komputer di 2012 anjlok, dan ini adalah yang pertama kalinya terjadi dalam lima tahun terakhir.
Secara keseluruhan penjualan komputer di berbagai penjuru dunia hingga kuartal keempat 2012 mencapai angka 89,8 juta unit. Terlihat cukup besar memang, tapi jumlah itu turun sebanyak 6,4 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya.
Menurut lembaga riset IDC, meski jumlahnya kecil namun penjualan komputer biasanya masih terus meningkat dari tahun ke tahun, dan penurunan ini adalah yang pertama terjadi dalam 5 tahun terakhir.
Windows 8 yang diluncurkan Oktober 2012 lalu sepertinya belum bisa banyak membantu. Para pedagang disinyalir masih ingin mengabiskan stok komputer berbasis Windows 7 yang masih menumpuk di gudang mereka.
Selain itu, tingginya minat pengguna akan tablet PC dan smartphone juga diduga ikut menyumbang keterpurukan penjualan komputer, seperti yang tertulis dalam keterangan IDC, Senin (14/1) kemarin.
Dengan situasi seperti ini para vendor komputer mau tidak mau harus mengatur ulang strategi mereka, entah itu menghadirkan fitur revolusioner di PC, atau menurunkan harga laptop dan komponen komputer agar bisa terus bersaing.
"Dengan pemahaman Windows 8 yang semakin baik, dan harga ultrabook yang kian menurun, mudah-mudahan pasar PC membaik di 2013," kata Jay Chou, analis senior dari IDC. (dtc/nda)