Satu Modem Lima Pengguna

MALANG- Jelang akhir tahun lalu, Smartfren kembali meluncurkan varian modem barunya. Dilabeli Smartfren DF798, modem ini diyakini bakal menjadi jagoan di tahun 2013. Dibanderol Rp 599 ribu,  produk ini memungkinkan penggunannya bisa secara fleksibel mengakses internet melalui WiFi hotspot.
Ffitur WiFi Thetering ini bisa digunakan oleh lima pengguna (user) sekaligus. “Hubungkan Smartfren DF79B dengan port USB yang dapat mengalirkan daya seperti dari power bank, head unit mobil atau USB charger maka Smartfren DF79B akan berfungsi sebagai WiFi Hotspot,” terang Frontliner Smartfren Malang, Ika Vera.
Modem berslot antena yang bisa dipasang antena portable atau antena outdor ini dapat dihubungkan melalui port USB PC dan Linux. Sehingga dapat berfungsi sebagai modem melalui protocol RNDIS (Remote Network Driver Interface Specification), bukan USB Serial Port seperti USB modem yang ada sebelumnya.
Uniknya, OS Linux dengan kernel yang sudah mendukung protokol RNDIS dapat menggunakan Smartfren DF79B secara instan langsung pada port USB tanpa terlalu rumit setting USB Serial Port. “Pada prinsipnya koneksi ini sama dengan protokol yang dipergunakan jika melakukan tethering perangkat Android melalui USB,” papar Ika kepada Malang Post.
Modem ini juga dilengkapi dengan fitur Web Based Admin seperti pada modem lainnya, sehingga dapat mengirim dan menerima SMS. Fitur tambahan lainnya dapat ditambahkan dengan MicroSD Slot yang digunakan untuk menyimpan data seperti kegunaannya pada flashdisc. “Jadi bisa buat SMS sekaligus cek pulsa,” tandasnya.
Dengan fitur jaringan CDMA 2000 1x EV-DO Rev.B 800/1900 Mhz, para pengguna dapat mendownload dengan kecepatan maximum hingga 14.7 Mbps dan juga mengupload data hingga 5.4 Mbps. “Kemampuannya sudah lebih baik dibandingkan seri-seri terdahulu,” seru dara 20 tahun asli Malang ini.
Modem Smartfren DF79B WiFi ini menawarkan bundling paket data dengan volume data hingga 6GB. Paket penjualan Smartfren DF79B menyertakan USB Adapter yang dapat dihubungkan power outlet PLN. “Gratis 6GB berlangsung sampai 30 hari. Adanya power adapter pack juga jadi nilai lebih,” pungkasnya. (tom/nda)