Panasonic Bekali Kamera dengan NFC

Teknologi Near Field Communication atau NFC tak hanya bisa dinikmati oleh pengguna smartphone, smart TV atau piranti lain. Produsen kamera pun juga sudah menanamkan kemampuan serupa di produknya, salah satunya adalah Panasonic.
Panasonic menanamkan teknologi tersebut di dua kamera terbarunya, yakni Lumix DMC-ZS30 dan Lumix DMC-TS5. Pihaknya mengklaim teknologi ini akan lebih memudahkan petransferan foto dari kamera ke ponsel lewat bantuan WiFi. Caranya seperti yang ada di smartphone, yakni cukup dengan mendekatkan 2 piranti, atau melakukan tapping antar kedua gadget, maka data bisa dipindahkan.
"Jika Anda menyetting koneksi WiFi antar 2 piranti, Anda tahu hal itu kadang kala membuat frustasi," ujar Darin Pepple, Senior Marketing Manager Panasonic seperti dilansir dari Imaging-Resource, Rabu (16/1).
Ia mengatakan NFC membuat proses itu tak lagi rumit. "NFC membuat pemakaian WiFi bagi konsumen lebih, lebih mudah dalam hal berbagi foto dari kamera mereka," imbuhnya.
Lumix DMC ZS30 disebut Panasonic sebagai hybrid compact camera yang paling canggih keluaran mereka. Ia dibekali dengan sensor MOS 18.1 MP, 20x optical zoom dan kemampuan perekaman video full HD 60p.
Sedang yang TS5 dijuluki sebagai kamera still dan video tangguh untuk fotografer petualang. Ia bisa bertahan di air dengan kedalaman 12 meter (waterproof), shockproof dari ketinggian 2 meter, tahan di temperatur -10 derajat Celcius dan tahan dari tekanan sampai 100 kg.
Meski jumlah piranti dengan NFC masih dalam prosentase kecil, namun Panasonic optimistis teknologi tersebut akan bertumbuh. (oke/nda)