Cara Ciamik Foto Sajian Unik

JALAN-jalan dan menjelajah wisata kuliner sangat menyenangkan. Terlebih bila makanan disajikan dengan sangat menarik dan colorfull. Tangan pun ingin segera memotret sajian unik itu dengan kamera dan berbagi dengan teman-teman Anda. Namun terkadang foto-foto wisata kuliner yang menonjolkan menu makanan kesukaan masih kurang ciamik atau terlalu monoton. Bagaimana menyiasatinya? Ya, coba tambahkan dengan sedikit properti tambahan, misalkan gadget kesayangan. Alhasil, foto makanan semakin segar karena antara foto makanan dan foto gadget semakin menguatkan. Berikut tips yang bisa dipelajari :

1. Saat memasuki rumah makan, carilah meja dekat jendela. Sebab, cahaya samping akan membuat karakter bayangan lebih sempurna. Hindari meja di tempat yang low light karena akan merepotkan saat pencahayaan minim.

2. Pesan menu kesukaan apa saja yang Anda suka. Setelah itu, carilah masakan dengan sajian yang menarik secara fotografis. Menarik di sini seperti simpel, colorfull dan mempunyai komposisi menarik. Daftar menu makanan dengan contoh gambar di buku menu cukup membantu makanan yang bakal jadi 'korban' Anda. Biasanya warna yang cukup menarik di lensa seperti merah strawberry atau tomat, hijau buah kiwi dan gradasi warna coklat di roti panggang.

3. Saat makanan datang dan perut lapar, sabar dulu ya. Karena dibutuhkan waktu sejenak untuk memadukan makanan yang yummy dengan gadget kesayangan. Perlu sedikit kreasi supaya penampilan makanan dengan gadget tampil serasi.

4. Usahakan dalam sebuah frame foto tidak terlalu banyak 'aktor yang bermain'. Biasanya tidak lebih dari 3 elemen utama dalam sebuah foto. Karenanya, cukup satu menu makanan, satu minuman dan sebuah gadget yang akan menguatkan cerita. Buat komposisinya secantik mungkin. Bisa di dijepret dari samping atas sekitar 45 derajat atau frontal dari atas. Porsi gadget ini bisa lebih banyak dari makanan atau sebaliknya, tergantung mau menceritakan yang mana. Bila menceritakan makanan, berarti porsi gambar makanan lebih banyak dan gambar gadget untuk memperkuat cerita.

5. Foto ini bisa diperkuat lagi warnanya dengan mengolah pada software instan yang sudah banyak beredar. Kemudian share ke teman-teman Anda lewat jejaring sosial. Dipastikan hasilnya akan membuat teman-teman terprovokasi untuk berkomentar. (dk/mar)