Aktifkan Birthday Reminder dari BlackBerry Sekarang Juga!

MALANG - Meski jumlah pengguna BlackBerry di tanah air kian meningkat, nyatanya tak semua pembesut produk lansiran Research in Motion (RIM) itu mengoptimalkan kemampuan smartphone masing-masing. Salah satu hal yang sering dilewatkan adalah mengintegrasi device dengan akun di situs jejaring sosial, seperti Facebook.
Padahal, banyak manfaat yang bisa diperoleh bila akun Facebook sudah terkoneksi langsung BlackBerry. Yang paling sederhana yaitu bisa mengetahui tanggal ulang tahun teman-teman di Facebook karena notifikasinya bakal muncul secara otomatis.
“Tak perlu membuka akun Facebook untuk mengetahui tanggal ulang tahun teman. Jika sudah diintegrasikan dengan BlackBerry, pemberitahuannya secara otomatis langsung muncul di layar. Jika ingin menulis di dinding Facebooknya langsung juga bisa,” terang Frontliner Aniss Cell Malang, Indra Brata.
Bagi yang belum melakukan sinkronisasi antara aplikasi kalender BlackBerry dengan yang dimiliki akun Facebook, ada beberapa tahap yang bisa dilakukan. Yang perlu dipastikan di awal adalah aplikasi Facebook sudah terinstal di BlackBerry. “Bagi yang belum punya, aplikasi ini bisa diundah gratis lewat AppWorld,” tuturnya memberi panduan.
Pilihan untuk melakukan sinkronisasi kalender BlackBerry dan akun Facebook tersaji pada pengaturan awal (setup wizard) ketika pertama kali menjalankan aplikasi serta melakukan login. Pengguna bisa langsung centang pilihan ‘BlackBerry Calendar’ dan ‘Birthday Reminder’.
Selain peringatan ulang tahun, pengguna juga bisa menandai ‘Event’ sehingga setiap kali menerima undangan acara yang dikirim melalui Facebook akan secara otomatis ditambahkan ke kalender BlackBerry. “Jangan lupa klik Save untuk menyimpan pengaturan yang sudah dilakukan,” tukasnya lebih lanjut.
Bila aplikasi Facebook sudah terinstal namun belum mensinkronisasikan kalender BlackBerry karena melewatkan Setup Wizard, pengguna tetap dapat mengakses pengaturannya dengan menjalankan aplikasi Facebook. “Caranya tekan tombol menu kemudian pilih option. Pengguna bisa memantau siapa saja kontak Facebook yang berulang tahun dari notification center,” imbuh Indra kepada Malang Post.
Biasanya, di area notification center akan muncul tiga entri yang waktunya paling dekat. Jika tiga entri ini tidak cukup, tanggal ulang tahun kontak Facebook yang lain bisa dilihat pada aplikasi kalender. Pengguna bahkan dapat langsung menuju ke Wall Facebook untuk memberikan ucapan selamat dengan memilih opsi ‘Write on Facebook’. (tom/nda)