Menanti Galaxy S III Mini

MALANG – Samsung Galaxy S III Mini akhirnya beredar di pasar tanah air. Kemarin, Samsung Mobile secara resmi memasarkan ponsel pintar berukuran mungil tersebut serempak di 13 kota besar. Smartphone yang dibanderol dengan harga Rp 3,499 juta ini disiapkan sebagai suksesor Samsung Galaxy S III yang sempat dinobatkan sebagai smartphone terbaik 2012.
Tak berlebihan jika Galaxy Mini III disebut sebagai calon bintang. Pasalnya, belum resmi dipasarkan saja, sudah banyak yang menanyakan smartphone berplatform Android Jelly Bean tersebut. Penggemar Samsung tampaknya penasaran apakah seri S III Mini bakal setangguh kakaknya yang panen pujian sepanjang tahun lalu.
“Stok produk di Malang memang belum ada. Tapi sudah banyak customer yang penasaran dan curi-curi info. Galaxy S III Mini memang sudah ditunggu-tunggu,” terang Promotor Samsung Malang, Ratna Lukita.
Tak mengherankan bila nanti begitu device sudah tersedia, Galaxy S III Mini akan langsung menjadi magnet baru bagi pecinta produk besutan vendor asal Negeri Ginseng. Tidak menutup kemungkinan, piranti canggih ini menggusur kepopuleran tipe lain macam Galaxy Tab 2 7.0 yang meraih predikat Best Tablet 2012.
Widianto Dwi misalnya. Pecinta produk Samsung yang selama sebulan terakhir mendambakan Galaxy Tab 2 7.0 tersebut mengaku ingin berpaling ke Galaxy S III Mini. “Sebelumnya ingin Tab 2 7.0. Tapi barangnya masih harus inden. Saya dengar dari media jika Galaxy S III Mini resmi dilaunching di Indonesia. Karena kemampuannya seperti Galaxy S III dan harganya lebih murah, saya jadi tertarik,” tuturnya kepada Malang Post.
Sejatinya, memang tak ada perbedaan mencolok antara versi Mini dengan Galaxy S III awal. Memang soal ukuran lebih mungil. Bila Galaxy S III sebelumnya mengusung layar 4.8 inci, maka Galaxy S III Mini hanya memiliki bentang layar Super AMOLED seluas 4 inci dengan kemampuan WVGA Resolution.
Soal jeroan, Samsung Galaxy S III Mini dipersenjatai dengan prosesor dual core berkecepatan 1GHz plus dukungan RAM sebesar 1 GB. Selain internal memori antara 8 GB dan 16 GB, juga disediakan slot eksternal memory yang bisa diupgrade hingga 32GB. Kamera smartphone ini juga sudah termasuk mumpuni dengan kekuatan resolusi 5 MP plus Flash. Sedangkan saat merekam, kameranya sudah menghasilkan video sekelas 720p.
Distribusi Samsung Galaxy S III Mini di wilayah Jawa Timur bakal dimulai di Surabaya. Penjualan perdana dipelopori di Kota Pahlawan sebelum kemudian beranjak ke Malang dan kota-kota lain. Dalam paket penjualannya, terdapat paket khusus bundling dengan beberapa operator seperti Telkomsel, Indosat, dan XL. Customer dapat membeli dengan cara kredit BCA dan Bank Mandiri. Nantinya, pembeli juga berhak membawa pulang flip cover secara cuma-cuma. (tom/nda)