Rumor BlackBerry 10 Makin Santer

MALANG - Meski pihak Research in Motion (RIM) mengkonfirmassi BlackBerry 10 akan meluncur pada kuartal pertama alias paling cepat akhir Januari ini, namun kepastian waktunya masih misteri. Rumor yang menyertai debut BlackBerry 10 pun bermacam-macam. Ada yang menyebut platform BlackBerry tersebut bakal muncul Maret, sementara versi QWERTY belum akan dirilis sampai Juni.
Kabar yang santer beredar adalah rencana RIM menamai smartphone BlackBerry terbaru dengan julukan BlackBerry Z10. Sejauh ini, banyak kalangan mengenal smartphone terbaru itu dalam jajaran BlackBerry L-Series. Bocoran spesifikasi BlackBerry Z10 sendiri sudah banyak diposting di internet, baik berupa ulasan, gambar hingga demo video official dan unofficial.
Tak heran bila publik semakin penasaran dengan gadget yang kabarnya bakal dilego dengan harga di atas Rp 5 juta tersebut. "Sudah banyak yang bertanya kapan BlackBerry 10 mulai dipasarkan. Sayangnya, sampai sekarang belum ada info resmi soal peluncurannya di Indonesia," ujar Sales Service BlackBerry Malang, Iven Agatha.
Blackberry Z10 dikabarkan bakal disokong prosesor dual core 1.5 GHz TI OMAP 4470 atau Qualcomm Snapdragon MSM8960. Gadget ini ditunjang layar 4.2 inci beresolusi 1280 x 768 pikesel, quad band LTE, RAM 2GB, memori internal 16-32GB, kamera utama 8 megapiksel dengan LED Flash serta kamera depan 2 megapiksel.
BlackBerry yang didesain dengan optimalisasi interface layar sentuh ini juga dilengkapi Slot MicroSD dan baterai 1800 mAh. Sedangkan soal konektivitas, Z10  disinyalir mendukung NFC, Bluetooth 4.0, dual-band 802.11 a/g/n WiFi, A-GPS, Micro USB port dan Micro HDMI-out port. "Kalau melihat bocoran speknya, sudah tentu semakin banyak perbaikan dan inovasi dibandingkan seri-seri lain yang sudah ada," papar Iven kepada Malang Post.
Terkait peluncuran global pada 30 Januari nanti, kabarnya RIM telah menjanjikan ketersediaan 70 ribu aplikasi lebih saat peluncuran BlackBerry 10. Ada juga rumor menyebut BlackBerry 10 akan disuntik fitur video pada Blackberry Mesengger (BBM)nya. Banyak yang beranggapan folder itu mengindikasikan munculnya fitur video chat dalam BBM.
Selain itu, beberapa fitur lain yang dibenamkan di smartphone canggih tersebut antara lain BlackBerry Flow untuk bantuan navigasi, BlackBerry Hub yang memuat konsep sederhana terkait pesan, notifikasi, feeds dan calendar events, BlackBerry Keyboard yang membantu pengguna mengetik lebih cepat dan akurat serta BlackBerry Balance yang menawarkan cara elegan memuaskan kebutuhan konsumen untuk berpindah dengan mudah dari profil personal ke pekerjaan.  Tak heran bila smartphone ini disebut-sebut bakal membuat BlackBerry mengejar ketertinggalan dari iOS dan Android. (tom/nda)