Banjir Smartphone Quad Core, Sony Pangkas Harga

MALANG- Persaingan ketat membuat Sony harus rela memangkas harga produk besutannya. Saat kompetitor sudah mulai mengusung smartphone quad core, Sony pun mau tak mau harus mematok harga yang lebih rasional untuk gadget sejenis.
Ada tiga tipe Xperia yang kompak turun harga. Mulai dari Sony Xperia SL, Xperia Acro S dan Xperia Ion. Xperia SL terbilang mengalami penurunan paling drastis. Banderolnya terjun sampai Rp 200 ribu tak kurang dalam sebulan terakhir. “Dari sebelumnya di kisaran Rp 4,160 juta sekarang gadget ini bisa ditebus dengan harga Rp 3,960 juta,” terang Promotor Sony Malang, Sindy Meyrilda.
Xperia SL sendiri baru meluncur sejak pertengahan September 2012. Penurunannya dalam rentang waktu empat bulan tergolong drastis untuk kategori smartphone yang baru beredar. Padahal, kemampuan Xperia SL pantang diremehkan. Smartphone ini ditenagai prosesor dual core 1.7 GHz dan dipersenjatai kamera 12 megapiksel.
Smartphone ini masih berada di keluarga NXT (kehadiran bar transparan) dan memiliki tampilan yang sama persis dengan Sony Xperia S. Desain serta bobot masih sama 128 x 64 x 10.6mm dan 144 gram. Bagian muka terdapat sensor cahaya dan proximity, LED notifikasi, earpiece dan kamera sekunder, kemudian layar 4.3 inci serta tiga tombol fungsi Android berjenis kapasitif.  Maka, tak salah bila disimpulkan Xperia SL memiliki semua kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh ponsel Xperia S, dengan selisih harga yang lumayan.
“Sepertinya tidak ada upgrade yang signifikan baik dari sisi hardware maupun software, mungkin hanya tambahan pilihan warna dan sistem operasi Android ICS out of the box,” imbuh Sindy.  
Trend penurunan juga diikuti keluarga Xperia lain seperti Xperia Acro S dan Xperia Ion. Acro S yang bersertifikasi IP67 ini sekarang dibanderol Rp 4,590 juta dari sebelumnya Rp 4,615 juta. Level harga yang sama juga berlaku untuk Xperia Ion. Smartphone ini anjlok sampai Rp 800 ribu bila dibandingkan kali pertama rilis bulan Juli 2012. “Padahal Xperia Ion memiliki spesifikasi yang tak patut diremehkan,” serunya kepada Malang Post.
Meski bukan termasuk seri NXT, yang ditandai dengan tidak adanya bar transparan di bagian bawah, namun fiturnya kurang lebih sama dengan smartphone NXT. Mulai dari kamera belakang 12 MP, layar HD 720p dengan Bravia Engine, OS Android 2.3 Gingerbread, prosesor Qualcomm Snapdragon 1.5 GHz, GPU Adreno 220, RAM 1GB, port Micro SIM dan port HDMI.
Menurut Sindy, tampaknya tren koreksi harga keluarga Xperia sekaligus konsekuensi bakal segera dirilisnya varian terbaru seperti seri Xperia T, Xperia TX, Xperia E dan Xperia Z dalam waktu dekat. (tom/nda)