Stok iPhone 5 dan New iPad Langka

MALANG – Jika saat ini sedang ngidam kecanggihan gadget terbaru Apple, iPhone 5 dan New iPad, sepertinya Anda harus gigit jari. Pasalnya keberadaan dua gadget fenomenal persembahan pabrikan asal Amerika tersebut kini tengah langka di pasar tanah air.
Marketing Apple Authotised Reseller Mall Olyimpic Garden (MOG), Jeffry Gigih mengatakan, penyebab kelangkaan iPhone 5 dan New iPad resmi di Indonesia, termasuk Malang, karena adanya peraturan baru di bagian bea cukai. Kondisi ini membuat stok produk Apple yang masuk ke pasar tanah air terpaksa menunggu untuk melakukan penyesuaian dengan aturan baru tersebut.
“Di seluruh toko resmi Apple di Indonesia stok iPhone 5 dan New iPad sedang kosong. Gelombang impor keempat iPhone5 yang seharusnya tiba tanggal 10 Januari lalu terpaksa diundur hingga akhir Januari ini. Sedangkan untuk New iPad baru hadir di awal bulan depan. Kalaupun ada toko resmi yang masih menyediakan iPhone 5 atau New iPad kemungkinan sisa stok pengiriman gelombang ketiga,” beber Jeffry pada Malang Post, kemarin.
Di Malang sendiri, lanjut pria berkacamata itu, stok iPhone 5 dan New iPad yang berasal dari pengiriman gelombang ketiga sudah ludes sejak awal Januari. Begitu stok datang, produk langsung diburu oleh penggemar Apple yang memang sudah tak sabar merasakan kecanggihan gadget super canggih tersebut.
Pada pengiriman gelombang keempat yang dijanjikan akhir Januari ini, sebagian besar bahkan sudah dipesan. Kalaupun ada stok, jumlahnya hanya sekitar belasan unit. “Khusus untuk iPhone 5, kami hanya bisa menyediakan stok sesuai dengan jumlah pre-order yang masuk. Hanya sedikit stok yang kami siapkan untuk pembeli yang sewaktu-waktu datang,” sambung Jeffry.
Bukan tanpa alasan jika toko resmi Apple menyediakan stok iPhone 5 dalam jumlah yang sangat terbatas. Kondisi ini, menurut Jeffry terjadi karena jumlah barang yang masuk ke tanah air tidak terlalu banyak dan harus dibagi rata ke seluruh jaringan toko resmi Apple di tanah air. Padahal di masing-masing daerah permintaan terhadap gadget yang dibekali dengan layar Retina Display ini sangat tinggi.
Sementara itu, karena kelangkaan stok, harga iPhone 5 di pasaran mengalami kenaikan antara Rp 100 ribu-300 ribu. Untuk iPhone 5 16 GB yang biasanya dibanderol dengan harga Rp 7,999 juta kini naik menjadi Rp 8,099 juta, iPhone 5 16 GB yang awalnya Rp 8,999 juta, kini menjadi Rp 9,199 juta, sedangkan iPhone 5 32 GB yang sebelumnya Rp 9,999 juta sekarang harganya Rp 10,299 juta. (nda)