Naik Kelas dengan Upgrade Windows Phone 7.8

MALANG - Nokia telah menjanjikan bahwa update sistem operasi Windows Phone 7.8 untuk perangkat Lumia bakal diupayakan keluar pada awal 2013. Realisasinya segera tersedia melalui service center yang mensupport produk vendor asal Finlandia itu atau biasa disebut Nokia Care.
Support center Nokia bakal mengupgrade perangkat Windows Phone lama ke sistem operasi yang lebih baru, Windows Phone 7.8. Di antara varian yang bisa diupgrade adalah Nokia Lumia 900, 800, 710 dan 510. Pengguna smartphone tersebut bisa menanyakan ke Nokia Service Center terdekat perihal ketersediaan update Window Phone 7.8
Namun, bagi yang sudah tidak sabar mencoba langsung, pengguna Nokia bisa memanfaatkan software Zune untuk melakukan upgrade pada device masing-masing. Upgrade software baru ini termasuk empat update terpisah yang bisa diakses melalui Zune di PC. “Update ini menawarkan banyak peningkatan, termasuk tampilan bootscreen baru dan live tiles yang bisa diubah ukurannya,” terang Frontliner Apollo Cell Malang, Bambang Agus.
Menurut pria yang akrab dipanggil Agus ini, setelah diupgrade ke sistem operasi terbaru, Lumia 710 dan 800 yang sudah memakai Windows Phone 7.8 bakal memiliki kemampuan tambahan seperti Camera Extra. Nantinya ponsel Lumia tersebut bisa mendapatkan fitur self timer, smart group shots, mode panorama hingga mode burst yang jauh lebih baik.
Nantinya juga ada fitur mobile hotspot yang memungkinkan ponsel Lumia untuk berbagi koneksi data di platform Windows Phone. Padahal sebelumnya Windows Phone belum memiliki kemampuan tersebut secara default sehingga perlu diaktifkan terlebih dahulu. “Dengan Windows 7.8, Lumia 710 dan Lumia 800 juga akan memiliki fitur Bluetooth,” imbuhnya kepada Malang Post.
Paling tidak, meski belum bisa diupdate ke Windows Phone 8, tapi peralihan dari  Mango ke sistem operasi Windows Phone 7.8 bakal membuat Lumia 710 dan Lumia 810 memiliki fitur flip to silence selain hotspot dan camera extra.
Nokia Lumia 710 menggunakan prosesor 1.4 GHz serta GPU yang sama dengan dipakai Lumia 800. Smartphone ini didesain khusus untuk pengguna yang hobi berselancar di dunia maya, bermain-main di social media seperti Facebook dan Twitter serta yang gemar sharing video di YouTube. (tom/nda)