Seri Galaxy Ace Rajai Kelas Menengah

MALANG- Samsung Mobile boleh saja kian gencar memasarkan produk mutakhirnya mulai dari Samsung Galaxy Note II, Galaxy Tab 2, Galaxy S III dan S III Mini. Namun pamor seri Galaxy Ace 2 nyatanya belum pudar. Smartphone berplatform Android Gingerbread yang bisa diupgrade ke versi Ice Cream Sandwich ini bahkan disebut-sebut sebagai smartphone Android kelas menengah paling diminati masyarakat Indonesia.
Hal ini bisa dimaklumi, mengingat Galaxy Ace 2 diposisikan sebagai ponsel kelas menengah yang paling canggih. Smartphone ini disokong dapur pacu istimewa yang terdiri dari prosesor dual core berkecepataan 800 MHz, RAM 768 MB serta GPU Exynos Mali 400 MP untuk mendukung kinerja grafis. “Apalagi harganya cukup terjangkau, yaitu Rp 2,475 juta. Pantas saja kalau terus diburu,” ujar Promotor Samsung Malang, Ratna Lukita.
Bukan hanya otak cerdas yang membuat Galaxy Ace 2 special. Samsung juga telah mempersenjatai smartphone ini dengan kamera 5 megapiksel serta memori internal berkapasitas 4GB. Layarnya yang berukuran 3.7 inci bahkan memiliki resolusi lebih baik dibandingkan seri Ace generasi pertama.
Seri Galaxy Ace lain yang tak kalah memikat adalah Samsung Galaxy Ace Plus yang dilego Rp 2,120 juta dan Galaxy Ace Duos yang dibanderol Rp 1,850 juta. Pada dasarnya seri Galaxy Ace Duos dibuat dengan basis Galaxy Ace pertama, tapi prosesornya diupgrade ke versi lebih cepat. Bila Ace pertama disokong prosesor berkecepatan 800 MHz, Galaxy Ace Duos sudah bertenaga 832 MHz.
Namun bila dibandingkan Galaxy Ace 2, seri Duos memiliki perbedaan pada desain dan tombol. Galaxy Ace 2 yang berukuran lebih besar memiliki sisi-sisi yang lebih membulat ketimbang Galaxy Ace Duos. Fiturnya pun juga berbeda karena Galaxy Ace 2 yang dibanderol dengan harga hampir setengah juta lebih mahal ketimbang Galaxy Ace Duos telah disempurnakan.  “Harganya saja sudah berbeda, tentu saja Galaxy Ace 2 lebih unggul. Tapi Galaxy Ace Duos bisa jadi solusi bagi yang ingin menebus smartphone canggih dengan harga terjangkau,” timpal Ratna.
Bila ingin menebus gadget dengan kemampuan yang nyaris setara dengan Galaxy Ace 2, pecinta Samsung bisa memilih Samsung Galaxy Wonder atau akrab disingkat Galaxy W. Berjalan pada sistem operasi Android Gingerbread, smartphone seharga Rp 2,4 juta ini disokong prosesor berkecepatan 1.4 GHz. “Layarnya sama-sama 3.7 inci seperti Galaxy Ace 2. Kameranya juga 5 megapiksel dan memori internal 4GB. Speknya bisa dibilang setara,” pungkasnya kepada Malang Post. (tom/nda)