Istimewa untuk Fotografer Pemula

MALANG – Masih ingat dengan kamera Nikon D3100 yang pernah popular beberapa waktu lalu? Kedua kamera tersebut kini sudah mulai ‘pensiun’. Saat ini Nikon telah menyuguhkan penerus kedua kamera tersebut yang dilabeli dengan nama Nikon D3200.
D3200 tampil dengan menyuguhkan berbagai keunggulan yang menggoda fotografer pemula. Salah satunya adalah sensor CMOS DX-format beresolusi 24,2 megapixel. Kemampuan pikselnya ini tentu saja sangat memukai. Pasalnya sata ini rata-rata kamera dihadirkan dengan piksel 12-16 MP saja.
“Sebagai penerus D3100, Nikon mencoba menghadirkan kelebihan yang istimewa untuk D3200. Kelebihan ini terdapat pada pikselnya yang mencapai 24 MP. Dengan piksel sebesar ini, jangan heran jika hasil pengambilan gambarnya lebih ciamik,” ujar Karyawan Bionz Matos, Erik pada Malang Post.
Prosesor gambar EXPEED 3 yang dibenamkan dalam D3200 memungkinkan pengguna untukmenghasilkan kualitas gambar dan video yang jernih dengan warna-warni yang hidup, gradasi warna yang halus, serta tingkat noise yang rendah. Tingkatan ISO 100-12.800 memungkinkan pengguna mengambil foto berkualitas tinggi dalam kondisi pencahayaan yang rendah.
Meningkatkan kualitas reproduksi warna dalam foto, Nikon telah menyertakan sistem Scene Recognition yang disandingkan dengan 3D Color Matrix Metering II. Kedua teknologi ini bekerja sama untuk mengenali warna dan tingkat kecerahan untuk exposure yang seimbang, akurasi AF, white balance yang tepat, dan hasil foto yang indah saat menggunakan flash.
Pengguna tidak perlu takut kehilangan momen penting dengan peningkatan kemampuan continuous shooting menjadi 4 fps. Apalagi kemampuan ini dikombinasikan dengan sistem AF 11 titik yang memungkinkan pengguna untuk menjaga fokus walaupun subjek bergerak secara konstan dan cepat.
Soal kemampuan rekam video, D3200 dapat merekam video full HD 1080p dengan pilihan kecepatan 24  dan 30 fps, serta memanfaatkan full-time AF selama proses perekaman. Nikon menawarkan kontrol exposure secara manual atau otomatis, input mikrofon stereo, serta output HDMI untuk berbagi konten melalui TV HD. Proses rekam video pun dipermudah dengan tombol rekam video khusus dan tuas Live View yang mudah diakses, serta layar LCD berukuran 3 inci dengan resolusi 921k dot.
“Karena kamera ini ditujukan bagi mereka yang baru pertama kali menggunakan DSLR, Nikon menyertakan fitur Guide Mode yang berisi instruksi lengkap penggunaan DSLR bagi para fotografer pemula. Untuk menambah kemudahan pengambilan gambar yang kreatif, Nikon menghadirkan enam Scene Modes yang terdiri dari Potrait, Landscape, Child, Sports, Close-Up, dan Night Portrait,” pungkasnya. (mg2/nda)