Baca Buku Petunjuk Pemakaian Ponsel

MALANG – Buku petunjuk penggunaan ponsel sering kali dipandang sebelah mata karena seseroang menganggap diri sendiri sudah cukup mampu mengoperasikan ponsel baru.
Namun pada kenyataannya, banyak ponsel yang mengalami kerusakan akibat pemakaian yang tidak sesuai dengan buku petunjuk. Hal tersebut disampaikan oleh Pemimpin Toko Dokter Ponsel, Ansoruddin disela-sela kegiatan konsultasi yang digelar di Senam Rampal, kemarin (27/1) pagi.
“Orang-orang yang menyalahi aturan pemakaian secara berulang-ulang. Hal ini  bisa menyebabkan ponsel cepat error,” beber Ansor.
Pria ramah itu menjelaskan bahwa sebagian besar pengguna ponsel berkonsultasi mengenai kerusakan baik yang terjadi pada hardware maupun software ponsel. Ada yang tiba-tiba eror bahkan mati, ada juga yang kunci tombolnya macet, gambarnya tidak muncul, fitur-fiturnya tidak berfungsi dan bahkan sebentar-sebentar mati dan nyala sendiri.
“Selain karena kekeliruan dalam aturan pakai, juga karena sering jatuh atau terkena air. Biasanya kalau kalau ponsel terkena air, orang-orang langsung menjemurnya lalu dinyalakan, padahal seharusnya dibongkar atau dibawa ke teknisi, ” tambahnya.
Ia menjelaskan, ketika ponsel masuk ke air, ada komponen di dalam gadet berupa sekering yang mengalirkan listrik. Sehingga ketika dalam kondisi basah ponsel dinyalakan, maka akan mengakibatkan korsleting yang membuat ponsel mati permanent. “Jadi langkah terbaik adalah melepas baterai, kemudian membawanya ke teknisi,” tegas dia.
Indah Wijayanti, Customer Service Dokter Ponsel menambahkan untuk mencegah dan mengatasi terjadinya kerusakan, ponsel harus diperlakukan dengan baik. Yaitu dengan dirawat yang baik dan teratur.
“Menyaring file di dalamnya, dibuang jika tidak diperlukan. Ini menjaga agar memori tidak terlalu berat membaca file yang banyak,” kata dia.
Dokter Ponsel yang berada di jalan Danau Toba Sawojajar itu, melayani konsultasi dan juga servis terhadap kerusakan-kerusakan yang terjadi pada ponsel. Jika pengguna ponsel mempunyai masalah mulai dari hardware sampai software, Dokter Ponsel siap melayani konsultasi dan servis dari semua merk HP/Smartphone. Mulai dari Jailbreak dan Apps, Install Apps tanpa jailbreak, update/downgrade, backup/restore, unlock, blank/hang dan rooting.(mg3/fia)