Raksasa Asia ‘Menjajah’ Dunia

Benua Asia banyak melahirkan vendor elektronik kelas dunia. Produk-produk yang mereka hasilkan disukai masyarakat internasional. Memang vendor tersebut biasanya berasal dari segelintir negara, khususnya di Asia Timur. Beberapa faktor seperti dukungan pemerintah dan nasionalisme rakyatnya membuat vendor asal wilayah itu menuai kesuksesan. Vendor asal Asia apa saja yang sukses meraih kejayaan di dunia internasional?
1.    Samsung Electronics yang bermarkas di Suwon, Korea Selatan dalam estimasi beberapa pihak adalah vendor elektronik dengan pendapatan terbesar di dunia. Pendapatan mereka di 2012 tercatat USD 188,1 miliar.
Samsung mempekerjakan 221 ribu pegawai di seluruh dunia. Sedangkan kapitalisasi pasar mereka senilai USD 200 juta. Nama Samsung memang tengah melambung belakangan ini. Terutama di industri smartphone dengan kesuksesan ponsel Android Galaxy. Di industri televisi, Samsung juga mengalahkan para rival utamanya. Mereka menjadi produsen televisi terbesar di dunia sejak tahun 2006.
2.    LG Electronics, sama seperti Samsung, juga memproduksi perangkat elektronik yang beragam. Dari televisi, telepon genggam, sampai perangkat untuk rumah tangga.
Pada tahun 2011, pendapatan LG Electronics senilai USD 48,9 miliar. Menjadikan mereka sebagai salah satu perusahaan elektronik terbesar. LG berkibar dengan berbagai perangkat elektronik rumah tangga seperti AC, kulkas, televisi atau mesin cuci yang mendunia. Sekitar 20 persen pendapatan LG berasal dari divisi home appliances ini. Di sektor televisi, mereka adalah produsen nomor dua terbesar sesudah Samsung. Adapun di industri smartphone, LG juga lumayan terkenal dengan seri Optimus yang menggunakan Android.
3.    Sony memang kurang beruntung belakangan ini. April 2012 lalu raksasa elektronik asal Jepang itu memutuskan melebur sejumlah divisi produknya dan mem-PHK 10 ribu karyawan. Hal ini disebabkan dari kerugian yang mencapai USD 6,4 miliar. Mereka juga baru saja menjual markas besarnya di Amerika Serikat. Namun tetap saja Sony menempati nama besar di industri teknologi dunia. Apalagi di masa lalu, Sony menciptakan inovasi yang sangat digemari. Seperti pemutar musik Walkman, Discman, sampai konsol game PlayStation.
Saat ini, Sony sedang mencoba bangkit. Antara lain dengan menggelontorkan smartphone berkualitas tinggi seperti Xperia Z.
4.    Panasonic memang juga tidak sejaya dulu. Namun nama mereka masih cukup disegani sebagai salah satu produsen eletronik besar asal Jepang. Panasonic memproduksi beragam perangkat elektronik. Di industri televisi, mereka saat ini masih menempati posisi lima besar produsen terbesar di dunia.
Pada tahun 2008, Panasonic mengakusisi vendor senegaranya, Sanyo. Yang semakin mengukuhkan nama mereka sebagai produsen elektronik besar. Saat ini, Panasonic sedang berusaha mengembalikan kejayaannya. Mereka akan melakukan pemecatan 10 ribu karyawan sebagai efisiensi biaya.
5.    Toshiba juga termasuk konglomerasi besar asal Jepang yang produknya mendunia. Mereka menempati posisi papan atas di industri komputer PC ataupun televisi.
Dalam bidang semikonduktor, Toshiba sukses nangkring di posisi keempat terbesar. Hanya kalah dari Intel, Samsung dan Texas Instruments. Sedangkan di industri perangkat komputer, nama Toshiba juga diperhitungkan. Mereka menempati posisi kelima vendor komputer terbesar dunia.
Pusat operasional Toshiba berada di berbagai negara. Yang terbagi menjadi Toshiba America, Toshiba Asia Pacific, Toshiba China dan Toshiba of Europe.
6.    Nama Canon identik dengan kamera. Memang, perusahaan asal Jepang ini adalah produsen kamera ternama di dunia. Canon memproduksi beragam produk imaging, Seperti printer, scanner, kamera digital compact, dan digital SLR. Canon memproduksi kamera digital sejak tahun 1984 dengan nama RC 701. Kemudian dilanjutkan dengan seri PowerShot dan Digital Ixus. Vendor ini mengembangkan seri EOS yang cukup menjulang namanya bagi para fotografer.
7.    Jepang juga melahirkan satu lagi vendor teknologi yang terkenal di jagat kamera. Siapa lagi kalau bukan Nikon. Nikon yang bermarkas di Shinjuku ini memang memiliki spesialisasi di bidang optik dan imaging. Mereka memproduksi kamera sampai mikroskop. Nikon lumayan terkenal di kalangan fotografer karena kualitas foto yang tinggi. Seri kamera yang mereka keluarkan pun biasanya diminati pasar. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1917. Nikon saat ini adalah bagian dari konglomerasi Mitsubishi Group. (dtc/nda)