Sematkan Tombol Langsung Menuju Facebook

MALANG - Nokia terbukti masih memperhatikan pengembangan ponsel entry level, sekalipun mereka tengah gencar mempromosikan smartphone Windows Phone nya. Melengkapi keluarga Asha yang sudah ada, kini Nokia menghadirkan seri Asha 205. Apa kelebihan ponsel seharga Rp 700 ribuan ini?
Dari sisi penampakan fisik, bodi Asha 205 cukup unik. Bagian depannya diisi keyboard QWERTY, layar 2.4 inci dan earpiece, sedangkan bagian belakangnya berbentuk handgrip. Ponsel ini juga dilengkapi tombol Facebook yang terletak di sisi tombol navigasi dan tombol Message.
Asha 205 merupakan seri pertama yang dilengkapi tombol Facebook. “Pengguna hanya perlu sekali klik tombol Facebook maka bisa langsung login ke situs jejaring sosial populer ini. Boleh dikata, keberadaan tombol ini sangat membantu bagi pengguna yang memang aktif berjejaring sosial,” ujar Frontliner Sentra Ponsel Malang, Fany Oktavia.
Nokia Asha 205 dibekali layar TFT 2.4 inci dengan resolusi 320x240 piksel. Saat digunakan di bawah terik matahari, layar yang mampu memancarkan 56 ribu warna ini bakal tetap cerah. “Secara overall, menilik pilihan warna dan dimensi, ponsel ini cocok untuk pengguna dari kawula muda,” tandasnya kepada Malang Post.
Sang produsen mengkreasi Asha 205 sebagai ponsel dual SIM yang dilengkapi easy swap untuk kemudahan bergonta-ganti SIM Card. Saat akan menelepon, pengguna bakal diberi notifikasi untuk pilihan SIM yang akan digunakan. Hanya saja kemampuannya masih dual on, bukan dual stand by. Seperti seri Asha lainnya, ponsel yang satu ini juga telah dilengkapi 40 game dari Electronic Arts (EA) yang dapat didownload secara gratis.
Asha 205 disokong teknologi Nokia Slam yang memudahkan pengguna untuk berbagi beragam konten multimedia secara cepat ke perangkat lain, termasuk Android. Fitur ini bekerja layaknya NFC (Near Field Communication), yang konten dan file dapat dibagi via koneksi Bluetooth. “Seri ini merupakan ponsel dual SIM Nokia pertama yang disuntik fitur Slam,” imbuh gadis ramah ini lebih lanjut.
Untuk aktivitas browsing, ponsel ini hanya memiliki kanal data via GPRS/EDGE. Meski hanya berteknologi 2G, Nokia telah mempersenjatainya dengan Xpress Web browser yang mampu kompresi data hingga 90 persen. Hal ini bakal menekan biaya internet lebih murah dan akses data lebih cepat. Sayangnya, ponsel ini tak didukung koneksi WiFi.
Vendor asal Finlandia ini juga tak lupa mempersenjatai Asha 205 dengan kamera, sekalipun hanya beresolusi VGA (640x480 piksel). Dibenamkan pula pemutar musik untuk format file MP3/WAV/WMA/AAC. Sebagai alternatif hiburan, ponsel ini juga memiliki fitur FM Radio yang mendukung fitur RDS dan juga FM Recorder. (tom/nda)